Latest:

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur


MANFAAT MINUM AIR PUTIH SEBELUM TIDUR

MANFAAT MINUM AIR PUTIH SEBELUM TIDUR



Apa Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur? Ada banyak manfaat dari minum air putih, dari menjaga kesehatan sampai ampuh untuk membersihkan jerawat. Anda mungkin sudah tahu beberapa manfaat ini tanpa menyadarinya. Air putih mengandung banyak mineral berharga dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda agar bisa berfungsi dengan baik. Minum air sebelum tidur adalah salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh menyimpan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan kuat setiap hari.

M
encegah Dehidrasi

Segelas air putih sebelum tidur membantu tubuh mengisi kembali cairan setelah kehilangan sepanjang hari karena kesibukan aktivitas. Tubuh manusia sebagian besar mengandung air, Anda harus tetap terhidrasi dalam rangka agar berfungsi dengan baik. Karena Anda tidak bekerja keras saat tidur, tubuh tidak perlu mengeluarkan banyak cairan. Ketika meminum air putih sebelum tidur, itu sebagai isi cadangan dalam tubuh sampai Anda bangun di pagi hari nantinya.



Pembakaran Kalori
Air adalah pembakar kalori alami. Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum air es adalah cara yang baik untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan. Meskipun hal ini tidak selalu benar untuk semua orang, namun justru untuk sebagian orang dibenarkan. Ketika minum air dingin, tubuh Anda perlu bekerja dua kali lipat untuk melakukan pemanasan dan meningkatkan tingkat metabolisme dalam membakar kalori.

Jika minum air sebelum pergi tidur, tubuh akan mulai bekerja ekstra keras untuk melakukan hal tersebut. Karena Anda tidak membutuhkan banyak kalori lagi. Hingga tubuh memilih malah membakar kalori berlebih yang dimiliki.


Tidur yang Bermanfaat
Anda secara alami menyeimbangkan vitamin tubuh Anda dengan nutrisi dan mineral ketika minum air untuk mengisi tenaga dalam proses pembakaran dan menjaga tubuh agar berfungsi dengan benar. Dengan minum air sebelum tidur, hormon, tingkat energi, otot dan sendi menjadi seimbang.

Ini membantu Anda rileks dan membuat Anda merasa diremajakan di pagi hari. Saat tidur, air memiliki waktu untuk mengisi dan memenuhi setiap bagian dari tubuh. Sehingga Anda akan bisa tidur lebih nyenyak dan konsisten dengan minum air sebelum tidur, membuat otot, vitamin dan mineral menjadi rileks.



Membunuh Racun
Salah satu manfaat terbaik dari air minum adalah bahwa ia bertindak sebagai pembersih alami. Tubuh Anda menyerap banyak racun, dari makanan, lingkungan dan elemen lainnya. Membersihkannya secara konsisten akan membantu Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Minum air sebelum tidur akan memberikan tubuh persediaan air dan waktu untuk membersihkan sistem peredaran darah dari racun yang tidak diinginkan. saluran pencernaan Anda, otot dan bahkan kulit akan melakukan proses pembersihan. Anda akan merasa lebih baik, sehingga bisa menurunkan berat badan lebih cepat dan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari.


Seiring dengan semua manfaat kesehatan meminum air putih, Air putih memang memiliki efek besar dan positif pada gaya hidup. Anda akan merasakan tidur lebih baik, lebih bersemangat pada siang hari, melancarkan proses pencernaan makanan, menurunkan berat badan lebih mudah dan tubuh merasa lebih baik.

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Tidur
Tidur yang berkualitas tak hanya memberikan dampak positif bagi suasana hati tetapi juga pada daya ingat hingga produktivitas. Hanya saja, berbagai gangguan sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur seseorang. Agar terhindar dari tidur yang tidak berkualitas, ada baiknya Anda menghindari enam hal ini sebelum tidur seperti dilansir My Domaine.

Mengisi Baterai Ponsel di Kamar
Ahli patologi tidur Sharon Moore mengatakan salah satu kesalahan paling umum yang mengurangi kualitas tidur seseorang ialah mengisi baterai ponsel di kamar tidur. Ahli yang telah menangani masalah tidur selama 36 tahun ini mengatakan ponsel mengelarkan sinar biru dari layar yang dapat 'mematikan' hormon melatonin dan membangunkan otak. Meski dalam posisi //stand by//, pancaran sinar akibat notifikasi dapat mempengaruhi siklus tidur.

Oleh karena itu, meski terkesan tidak membahayakan, kebiasaan menaruh dan mengisi baterai ponsel di kamar saat akan tidur merupakan sebuah kesalahan yang harus dijauhi. Moore menyarankan agar proses pengisian ponsel dilakukan di luar kamar tidur. Jika Anda memiliki kebiasaan memasang alarm melalui ponsel, Moore menyarankan agar Anda menggunakan jam waker biasa untuk menjadi alarm Anda.

Terlalu Banyak Minum Air
Moore mengatakan terlalu banyak minum air sebelum tidur juga merupakan kesalahan umum yang menyebabkan berkurangnya kualitas tidur. Oleh karena itu, Moore menyarankan agar Anda tidak banyak minum air setidaknya satu jam sebelum tidur.

Jika Anda seringkali merasa sangat haus saat bangun tidur, Moore mengatakan masalahnya bisa jadi terletak pada kebiasan bernafas Anda saat tidur. Mulut yang terbuka dan mendengkur saat tidur dapat membuat tenggorokan kering ketika terbangun. Pada kasus ini, masalah tidak akan teratasi dengan banyak minum air sebelum tidur tetapi dengan mengubah posisi tidur yang benar.

Menonton Televisi di Malam Hari
Berdasarkan penelitian Nielsen, orang-orang, khususnya di Amerika, menghabiskan 11 jam per hari untuk mengakses gawai mereka. Ketergantungan pada teknologi ini ternyata dapat merugikan tubuh dan pikiran.

Oleh karena itu, Moore menyarankan agar Anda sebaiknya menjauh dari layar gawai dan elektronik ketika berada di rumah agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Jika menjauh dari gawai sulit dilakuakn, hal paling minim yang bisa Anda lakukan ialah mematikan televisi satu jam sebelum tidur. Dengan begitu pikiran Anda akan menjadi lebih santai menjelang waktu tidur.


Berolahraga Sebelum Tidur
Moore mangatakan detak jantung yang meningkat sesaat sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Berolahraga di malam hari dapat menyebabkan kualitas tidur berkurang dan frekuensi terbangun di malam hari meningkat. Jika Anda ingin berolahraga, Moore menyarankan agar Anda berolahraga di pagi hari dan menghindari olahraga di malam hari.



Jam Tidur Berubah-Ubah

Salah satu kunci suksesnya tidur berkualitas ialah dengan konsisten untuk pergi tidur di waktu yang sama setiap hari. Moore mengatakan sinyal-sinyal kimiawi tubuh yang mengatur tidur sangat asosiatif. oleh karena itu, rutinitas untuk mengatur jam tidur tetap konsisten sangat penting. Di samping tidur di jam yang sama, penting bagi Anda untuk terbangun di jam yang sama pula setiap harinya.


Makan Besar
'Duta Tidur' Nancy Rothstein mengatakan makan terlalu banyak sebelum tidur dapat membuat Anda sulit tidur dengan cepat. Pasalnya, sistem pencernaan Anda akan dipaksa untuk mencerna makanan yang masuk dan memproses nutrisinya. Oleh karena itu, Rothstein menyarankan agar Anda tidak makan makanan berat minimal tiga jam sebelum tidur. Jika Anda ingin menyantap camilan sebelum tidur, Rothstein menyarankan agar Anda mengonsumsi pisang, susu, madu atau gandum oats. 

No comments:

Post a Comment



































Free site counter