Latest:

Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini

Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini
Bagaimana Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini ? Diktuip dari tulisam Feny Nida Fitriyani, mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, berikut ini bebepa Tips Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini.

Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa menjadi sosok yang cerdas, kreatif dan menyenangkan, tapi terkadang orang tua salah dalam mendesain perlakuan yang sesuai, sehingga anaknya kurang dapat menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

Kesalahan perlakuan dapat mengakibatkan anak tertekan. Bukan menjadi kreatif, anak malah bias menjadi ogah-ogahan karena orang tua yang terlalu memaksakan sesuatu melalui cara-cara yang tidak sesuai.

Yu kita bahasa Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini. Berikut ini lima langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mengembangkan karakter kreatif pada anak.

Pertama, izinkan anak untuk membuat pilihan sederhana,  seperti ingin makan apa hari ini, mau melakukan apa saat ada waktu luang dan lain sebagainya. Pilihan ini secara tidak langsung telah mendorong anak  berpikir secara bebas.

Kedua, berikan anak ruang untuk bereksplorasi tanpa media digital maupun elektronik. Media digital dan elektronik merupakan sesuatu yang sudah sangat dekat dengan anak. Orang tua sebisa mungkin menjauhkan benda-benda tersebut dari anak, agar anak mampu bereksplorasi dan mencari hal-hal yang lebih menyenangkan daripada hanya bermain game dan menonton televisi.

Ketiga, ciptakan lingkungan dengan berbagai benda yang mampu menstimulasi imajinasi anak. Orang tua bisa menstimulasi imajinasi anak dengan cara menaruh benda-benda yang ringan dan tidak berbahaya seperti kardus sepatu, kotak tisu, balok dan lain sebagainya yang bisa dimainkan anak untuk menjadi berbagai macam mainan. Sehingga anak-anak akan aktif dalam mengimajinasikan dunia yang mereka sukai dengan bantuan benda-benda sederhana tersebut.

Keempat, Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini dengan membacakan cerita dan menyelipkan pertanyaan untuk anak di dalamnya. Anak sangat menyukai cerita imajinasi, jadi sebisa mungkin orang tua harus menyempatkan waktu membacakan cerita untuk anaknya, karena hal ini dapat membangun imajinasi anak. Juga jangan lupa menyisipkan beberapa pertanyaan, agar anak mampu mengembangkan kreativitasnya dalam menjawab.

Kelima, berikan kesempatan kepada anak menjelajahi lingkungan. Biarkan anak bermain lumpur, hujan-hujanan dan lain sebagainya, namun tetap dalam pengawasan orang tua. Hal ini juga dapat menstimulasi kreativitas anak. 

Demikian informasi tentang Cara Mengembangkan Karakter Kreatif Anak Usia Dini. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter