Latest:

Cara Menjawab Soal Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Cerpen Hadiah Dari Andi

Cerpen Hadiah dari Andi
Sebelumnya silahkan baca Kutipan Cerpen Hadiah dari Andiberikut ini:

Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.

”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”

Setelah membaca jawablah pertanyaan berikut terkait soal unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen Hadiah dari Andi

1) Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
A. kalimat pertama pada paragraf pertama
B. Kalimat kedua pada paragraph pertama
C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
D. Kalimat keempat pada paragraf kedua

Cara Menjawab:
Lihat kalimat pada kutipan cerpen itu secara seksama. Dalam kutipan cerpen Hadiah dari Andi terlihat bahwa unsur intrinsik yang berupa latar latar cerita terdapat pada kalimat “Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar” sehingga jawabanya C.


2) Amanat yang terdapat pada cerpen Hadiah dari Andi adalah ...
A. Jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
B. Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
C. Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
D. Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan!

Cara Menjawab:
Amanat merupakan salah satu unsur intrinsik cerpen Baca dengan sesama cerpen tersebut lalu cari amanat atau pesan yang ingin disampiakan dari Cerpen Hadiah dari Andi. Jika dikaji secara mendalam amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman. Jadi jawaban A.


3) Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen Hadiah dari Andi adalah ...
A. Teman-teman Andi semua memberi hadiah pada Tommy.
B. Andi ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati mengungkapkannya.
C. Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D. Kepuasan Andi sudah memiliki hadiah untuk Tommy.

Cara Menjawab:

Konflik adalah ketegangan yang terjadi dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik, konflik batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang terjadi berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar pada kalimat .... Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Jadi Jawabannya B.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter