Latest:

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER  2017
Pendidikan karakter bangsa telah menjadi kepedulian pemerintah dan menjadi salah satu program strategis pada program Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) periode 2015-2019. Pendidikan karakter bangsa juga menjadi salah satu dari 7 pilar dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan, yaitu: (1) pendidikan untuk semua (2) pendidikan sepanjang hayat (3) pendidikan sebagai suatu gerakan (4) pendidikan menghasilkan pembelajar (5) pendidikan membentuk karakter (6) sekolah yang menyenangkan dan (7) pendidikan membangun kebudayaan. Untuk mendukung program strategis pemerintah tersebut berbagai upaya untuk mengimplementasikan dan mengembangkan pendidikan karakter bangsa telah banyak dilakukan di berbagai instansi, yang salah satunya dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud melalui kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017.

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017 ini ditujukan untuk memberikan penghargaan atas inovasi guru dikmen yang dengan dedikasinya secara inovatif dan kreatif dinilai berhasil dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa di sekolah. Melalui penghargaan tersebut diharapkan akan memotivasi munculnya berbagai bentuk kegiatan inovasi pendidikan karakter bangsa lainnya di seluruh tanah air.

Untuk memberikan penghargaan pada guru dikmen yang telah melakukan inovasi pendidikan karakter bangsa, maka perlu disusun pedoman pelaksanaan kegiatan lomba inovasi pendidikan karakter bangsa. Pedoman ini akan menjadi acuan bagi berbagai pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjaring guru dikmen dalam mengembangkan Pendidikan Karakter Bangsa di sekolah.

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017

Peserta kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017ini terbagi ke dalam duakategori, yaitu: 1) bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru dikmen terseleksi, 2) kegiatan pemberian penghargaan bagi guru dikmen dengan inovasi terbaik. Dengan demikian, persyaratan peserta juga terbagi kepada dua kategori, yaitu 1) persyaratan untuk peserta bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru dikmen dan 2) persyaratan finalis kegiatan pemberian penghargaan bagi guru dengan inovasi terbaik.

1. Persyaratan peserta bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru
a. Guru SMA dan SMK, baik PNS maupun Non PNS
b. Memiliki NUPTK
c. Guru yang belum pernah menjadi pemenang lomba inovasi pendidikan karakter pada tahun-tahun sebelumnya
d. Guru yang mengajukan action plan berisi rencana inovasi pendidikan karakter bangsa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File action plan dalam bentuk pdf, dan dikirim melalui laman www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah file action plan tersebut. Apabila ada media dalam bentuk video dapat dikirim melalui email kesharlindung.dikmen@gmail.com. Video berdurasi 20 menit, berisi rangkaian seluruh kegiatan inovasi pendidikan karakter bangsa.
e. Guru yang bersedia untuk melaksanakan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolahnya sesuai dengan rencana/action plan yang diajukan.
f. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan dengan segala ketentuan atau aturan.
g. Mendapat izin persetujuan dari kepala sekolah.

2. Persyaratan finalis lomba inovasi pendidikan karakter bangsa
a. Telah mengikuti kegiatan bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
b. Menyerahkan laporan akhir pelaksanaan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolah yang mengacu pada pedoman Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud

Waktu Pelaksanaan Kegiatan pemberian penghargaan guru dengan inovasi pendidikan karakter bangsa terbaik terdiri dari dua kegiatan, yaitu 1) penguatan wawasan dan kemampuan Guru dan 2) pemberian penghargaan. Seluruh rangkaian kegiatan memerlukan waktu sekitar delapan bulan dengan rincian sebagai berikut.
1. Tanggal 30 November – 2 Desember 2016 Penyusunan pedoman kegiatan.
2. Bulan Januari 2017: sosialisasi program kegiatan Inovasi Pendidikan karakter Bangsa melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
3. Bulan Januari – Maret 2017: pengiriman action plan inovasi pendidikan karakter bangsa
4. April 2017 : seleksi action plan
5. April 2017 : Pengumuman peserta bimtek
6. April 2017 : pelaksanaan bimtek/workshop pembekalan/penguatan karakter
7. Mei 2017 : penyusunan proposal sebagai tindak lanjut dari action plan untuk pelaksanaan inovasi pendidikan karakter
8. Mei – September 2017: pelaksanaan inovasi pendidikan karakter di sekolah
9. September 2017 : visitasi ke-100 sekolah terbaik yang dipilih
10. Oktober 2017 : pelaksanaan pemberian penghargaan
11. November 2017 : penyusunan laporan kegiatan oleh panitia

Demikian info Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017

DOWNLOAD SURAT EDARAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017 (KLIK DISINI)

DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017 (KLIK DISINI)





= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter