Latest:

PERAIH MEDALI DALAM IJSO 2016

 INDONESIA RAIH 5 MEDALI EMAS DALAM IJSO 2016
Sebanyak 378 siswa dari 48 negara akan berkompetisi dalam ajang "International Junior Science Olympiad (IJSO) 2016", yang diselenggarakan di Bali pada 3 Desember hingga 11 Desember 2016. Indonesia menargetkan bisa meraih tiga mendali emas dalam IJSO 2016.

Raihan Emas Indonesia dalam IJSO 2016 jauh melapau target, Indonesia meraih 5 medali emas olimpiade sains junior internasional (IJSO) ke-13 2016. Raihan tersebut sekaligus melampaui capaian tahun lalu, yakni 2 emas saat Korea Selatan menjadi tuan rumah. Lima medali tersebut disumbangkan Nixon Widjaja, Epafroditus Kristiadi, Aditya David, Winston Cahya dan Albert Sutiono.

Torehan emas Indonesia sama dengan Taiwan yang didapuk menjadi negara terbaik. "Paling susah pas bagian tes teori. Soal-soalnya juga saya kira lebih susah, beda kurikulum di sekolah. Ini yang membuat jadi sulit," ujar Nixon usai menerima medali di Hotel Hyatt, Nusa Dua, Denpasar, Bali, Sabtu 10 Desember 2016.

Nixon menyatakan, tes teori menjadi bagian tersulit ketimbang soal pilihan ganda dan praktik. Menurut dia, sekitar 50 persen soal hampir sama dengan materi-materi yang diberikan pendamping dalam pembinaan dan tes seleksi nasional selama 4 bulan. "Senang juga bisa dapat emas. Taiwan memang masih lebih baik," ujar siswa kelas VIII ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hammid Muhammad mengaku turut bangga karena taget 3 emas tahun ini terlampaui. "Tapi yang paling penting, IJSO ini agar generasi muda semakin menyukai sains. Sains bukan hal yang menakutkan, tapi menyenangkan," katanya.

Indonesia unggul dari negara-negara peraih emas lainnya, yakni Rusia (2 emas), Brazil (4), India (4), Rumania (1), Hong Kong (1), Vietnam (2), Hungaria (1), Thailand (1). "Tahun depan akan digelar di Belanda dan mudah-mudahan bisa meraih lebih banyak emas. Sejauh ini capaian terbaik Indonesia pada 2006 dengan meraih 8 emas," kata Hammid.

The Best Team
Selain berhasil meraih 5 medali emas dan 7 medali perak, delegasi Indonesia juga berhasil menjadi The Best Team pada IJSO XIII di Bali. Tim ini terdiri dari Nixon Widjaja, Raymond Valentino, dan Arkananta Rasendriya. Tim Indonesia ini berhasil meraih nilai 39.25 dan dianugerahi medali perak.


Sementara negara lain yang menjadi The Best Team adalah Brazil, People’s Republic of China, Russian Federation, dan Hongkong.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter