Latest:

Cara Membaca dan Download Raport Mutu Sekolah Melalui Laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id

Cara Membaca dan Download Raport Mutu Sekolah


Pengumpulan data Mutu Pendidikan merupakan langkah awal rangkaian kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Pengumpulan data peta mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifkasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui SNP.

Pengumpulan data Mutu Pendidikan saat ini salah satunya melalui Asemen Nasional, akreditasi sekolah, dan lainlian. Apakah Bapak/Ibu sudah melakukan selesai melaksanakan dan mendownload Hasil rapor atau Mutu Pendidikan ? Bagi sekolah yang belum, perlu admin ingatkan silahkan Bapak/Ibu mendownload untuk dijadikan bahan analisis perbaikian mutu pendidikan di sekolah.

Bagi Sekolah termasuk Admin Kabupaten sudah dapat Membaca dan Mendownload Peta atau Raport Mutu Sekolah Melalui Aplikasi PMP pada Laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut ini langkah-langkah Cara Membaca dan Download Peta Raport Mutu Sekolah Melalui laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id

Cara Login Rapor Pendidikan, Link Login Rapor Pendidikan dan Manfaat Rapor Pendidikan. Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari Rapor Mutu yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari berbagai asesmen atau survey nasional, dan berfungsi sebagai bahan refleksi serta dasar perencanaan untuk peningkatan kualitas. 

Bagaimana cara masuk atau login ke website Rapor Pendidikan? Cara Login Rapor Pendidikan adalah dengan mengakses link laman Rapor Pendidikan melalui https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app. Kemudian klik tombol “Masuk dengan akun belajar.id” di halaman ini (raporpendidikan.kemdikbud.go.id/), dan Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id

Catatan Login: 1) Yang dapat mengakses Rapor Pendidikan hanya kepala sekolah dan dinas pendidikan daerah; 2) Harus menggunggakan akun Google yang berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id. 3) Pastikan akun belajar.id atau akun pembelajaran sudah aktif.

Bila Anda sudah dapat login ke Rapor Pendidikan, Anda dapat mengakses laman Beranda, mengakses laman Mutu Hasil Belajar, mengakses laman Mutu Pembelajaran, mengakses laman Kompetensi dan Kinerja GTK, mengakses laman Pengelolaan Sekolah Partisipatif, serta mengunduh Excel Data / Raport.

Apa manfaat Manfaat Rapor Pendidikan ? Platform Rapor Pendidikan menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan (Profil Pendidikan) sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya, yakni 1) sebagai Sumber data tunggal sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan; 2) Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output); 3) Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal; 4) Instrumen yang meringankan beban administrasisatuan pendidikan dengan mengurangi aplikasi beragam dalam proses evaluasi internal dan eksterna; 5) Profil pendidikan menjadi sumber data untuk perencanaan di tingkat satuan pendidikan dan perencanaan di tingkat pemerintah daerah

Profil Pendidikan dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan. Untuk Kepala Sekolah, pada fiture Satuan Pendidikan, antara terdapat informasi tentang ; Mutu Hasil Belajar Peserta Didik atau nilai Asesmen Nasional; Iklim Keamanan dan Inklusivitas di Satuan Pendidikan; dan Kompetensi GTK.

Untuk Dinas, pada fitur Pemerintah Daerah, antara lain terdapat informasi tentang: Mutu dan Relevansi Hasil Belajar Peserta Didik; Pemerataan Hasil Belajar Peserta Didik; Iklim Keamanan dan Inklusivitas di Satuan Pendidikan; Pemerataan Keamanan dan Inklusivitas; Kompetensi dan Peningkatan Mutu GTK; Pemenuhan Kebutuhan Guru; dan Pengelolaan Sekolah yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel.

Keterbatasan Platform Rapor Pendidikan Dasmen (SD, SMP, SMA, SMK). Data yang bersumber dari Asesmen Nasional (AN) mensyaratkan minimum 85% siswa yang menjadi sampel AN mengisi untuk menjamin validitas dan reliabilitas data. Jika kelengkapan data AN belum mencapai 85%, maka data di indikator tersebut akan tidak bisa terlihat dan berlabel “ Angka Partisipasi Tidak Memadai” Untuk melengkapi data tersebut, silakan mengikuti AN susulan. 

Mau Coba mengakses atau download Rapor Pendidikan, Ini Link Login Rapor Pendidikan Kemendikbudristek https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

Demikian informasi tentang Cara Login Rapor Pendidikan, Link Login Rapor Pendidikan dan Manfaat Rapor Pendidikan. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter