Latest:

GEOGEBRA SOFTWARE MATEMATIKA YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

GEOGEBRA merupakan software matematika yang sangat berguna terutama dalam hal gambar grafik dua dimensi dan tiga dimensi, sofware ini berguna untuk menggambarkan luas daerah integral, grafik suatu fungsi dan lain-lain yang berkaitan dengan gambar grafik.

Beberapa kelebihan dari aplikasi GeoGebra adalah:
1. Mudah digunakan
2. Fitur yang cukup lengkap untuk pembelajaran matematika
3. Mendukung platform web
4. Mendukung beragam sistem operasi
5. Tersedia dalam berbagai bahasa
6. Gratis


Dalam pembelajaran, GeoGebra dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya:

·           Membuat dokumen terkait pembelajaran matematika, misalnya untuk penyiapan bahan ajar, modul belajar, makalah, bahan presentasi dll. Sebagai contoh GeoGebra digunakan untuk melukis bangun geometri. Gambar yang dihasilkan ini dapat disalin ke aplikasi lain semisal ke aplikasi pengolah kata (misalnya MS Word), aplikasi presentasi (misalnya MS Powerpoint), atau aplikasi lain untuk diolah lebih lanjut.
·           Membuat media pembelajaran atau alat bantu pengajaran matematika. Media ini dapat digunakan untuk menjelaskan konsep matematika atau dapat juga digunakan untuk eksplorasi, baik untuk ditayangkan di depan kelas oleh guru atau siswa bereksplorasi menggunakan komputer sendiri.
·           Membuat lembar kerja digital dan interaktif.
·           Menyelesaikan atau mem-verifikasi permasalahan matematika. Dalam hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek jawaban soal. Namun, perlu diperhatikan bahwa siswa jangan diarahkan untuk mencari jawaban dengan GeoGebra tapi lebih kepada mengecek jawaban, penekanannya adalah kepada proses yang benar.


Penggunaan GeoGebra hendaknya dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses-proses tersebut apalagi fitur yang disediakan oleh GeoGebra sudah cukup lengkap tinggal bagaimana guru dapat membuat media serta meramunya dalam proses pembelajaran.

Instalasi Java
GeoGebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada Java Runtime sehingga sebelum melakukan instalasi GeoGebra komputer harus terlebih dahulu diinstal program Java Runtime Environtment (JRE). Jika komputer belum terpasang JRE ini maka aplikasi GeoGebra tidak dapat dijalankan.



GEOGEBRA  SOFTWARE MATEMATIKA YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA




Instalasi GeoGebra
Setelah Java JRE selesai di-download dan diinstal, langkah selanjutanya adalah menginstal aplikasi GeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra tersedia di situs http://www.geogebra.org/ atau bisa download pada blog ini.



Geogebra  Software Matematika dan Penggunaan sebagai Media Pembelajaran Matematika



Mengekspor Gambar
Salah satu dari keunggulan GeoGebra adalah dapat membuat bangun geometri dengan mudah, cepat dan akurat. Dibandingkan dengan aplikasi lain semisal MS Office maka GeoGebra jauh lebih mumpuni. Meski demikian GeoGebra bukanlah alat bantu pengetikan dan presentasi sehingga dalam hal ini kita tetap memerlukan aplikasi Office sebagai alat bantu, misalnya untuk membuat soal atau LKS, membuat modul, membuat slide presentasi dan sebagainya. Untuk keerluan ini GeoGebra dapat digunakan untuk merancang atau menggambar objek-objek matematika dan hasilnya dapat diekspor ke dalam format gambar yang umum digunakan (misalnya PNG, JPG dll) sehingga dapat diolah lebih lanjut oleh aplikasi lain.

Untuk mengekspor gambar, terlebih dahulu tandai area yang akan disalin, yaitu dengan menandainya dengan bentuk segi empat. Pastikan saat menandai area tersebut menu yang aktif adalah menu Select. Jika area tidak ditandai maka seluruh layar yang terlihat di GeoGebra akan diekspor semuanya


Demikian info Geogebra  Software Matematika dan Penggunaan sebagai Media Pembelajaran Matematika, semoga bermanfaat. 

.




































Free site counter