Latest:

Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Motor Vespa

Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Motor Vespa
Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Motor Vespa. Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tetapi tetap berkualitas.

Bagaimana Pengapian pada Vespa? Yu simak penjelasan terkait Pengapian pada Vespa. engapian pada Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, berikut ini penjelasannya
Cara Dan Tips Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA

Cara pertama Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa Lihat kondisi busi, bila ujung berwarna hitam busi akan lemah dalam memercikkan api atau bisa juga gak ada percikan api. Solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet & main jet, kalau warna ujung busi merah bata maka periksa ke bagian yang pengapian yang lain. 

Cara Dan Tips Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 2)

Cara kedua Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Koil. Koil yang layak pakai kalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau  percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.

Cara Dan Tips Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 3)

Cara ketiga Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.

Cara Dan Tips Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 4)

Cara keempat Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.

Cara kelima atau terakhir Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa dengan melakukan cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.

Demikian info Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, Semoga bermanfaat bagi vesva mania.  






No comments:

Post a Comment



































Free site counter