Latest:

JUKNIS KSM MADRASAH TAHUN 2020

Juknis KSM Tahun 2020


Kementerian Agama telah menerbitkan Petunjuk Teknis atau JuknisPelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020 atau Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2020 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2020.


Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020, secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Sesuai Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020, Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah. Pelaksanaannya akan terbagi ke dalam tiga jenjang, yakni madrasah ibtidaiyah (MI) dan sederajat, madrasah tsanawiyah (MTs) dan sederajat, serta madrasah aliyah (MA) dan sederajat.

Bidang Lomba sesuai Juknis KSM Tahun 2020, untuk jenjang MI adalah mata pelajaran Matematika dan IPA. Untuk jenjang MTs, akan melombakan bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Untuk tingkat MA, bidang studi yang dilombakan mencakup Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Waktu atau Jadwal pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah Jadwal pelaksanaan Lomba sesuai Juknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) akan dilaksanakan Tahun 2020

Adapun persyaratan Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 berdasarkan adalah sebagai berikut:
1. Siswa yang berkewarganegaraan Indonesia yang terdaftar secara resmi di madrasah/sekolah yang dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangankepalamadrasah/sekolahsertaraportterakhir.
2. Siswa MI/SD kelas 4 dan 5, MTs/SMPkelas 7 dan 8, MA/SMA kelas 10 dan 11 pada tahun pelajaran 2019/2020.
3. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.
4. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan apabila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
5. Setiap siswa hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains yang dilombakan dan diusulkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah berdasarkan hasil seleksi KSM Satuan Pendidikan.
6. Belum pernah meraih medali emas pada KSM/OSN di jenjang dan bidang sains yang sama.
7. Memiliki nilai yang baik untuk semua mata pelajaran dan sikap yang baik.
8. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Madrasah/Sekolah).

Demikian info tentang Juknis Pelaksanaan KSM Tahun 2020/2021(Juknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2020) semoga bermanfaat. Terima kasih

No comments:

Post a Comment



































Free site counter