Latest:

Pedoman (Juknis) KSN SMA Tahun 2020/2021


Pedoman - Juknis Kompetisi Sains Nasional SMA Tahun 2020 (OSN SMA Tahun 2020). Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/kompetisi baik nasional maupun internasional. Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  JUKNIS KSN SMA TAHUN 2020 (OSN SMA TAHUN 2020)Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020 tingkat nasional akan diselenggarakan di Provinsi Bangka Belitung. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentu siswa berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.

Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2020 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan KSN sebagai pedoman bagi penyelenggara KSN setiap jenjangnya.

Berdasarkan Pedoman - Juknis Kompetisi Sains Nasional SMA Tahun 2020/2021, berikut ini Jadwal Pelaksanaan Kompetisi nasional mulai dari tingkat sekolah sampai dengan tingkat nasional.


Berdasarkan Buku Panduan / Pedoman atau Juknis KSN - OSN SMA Tahun 2020/2021, Bidang  sains  yang  dilombakan  pada  KSN - OSN SMA tingkat  Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional tahun 2020 terdiri atas:
1.   Matematika        
2.   Fisika         
3.   Kimia
4.   Informatika/Komputer
5.   Biologi
6.   Astronomi
7.   Ekonomi
8.  Kebumian
9.  Geografi

OSN Tahun 2019 merupakan tahapan untuk menyeleksi siswa yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional Tahun 2020, diantaranya International Mathematical Olympiad (IMO) yang akan dilaksanakan di Rusia, International Physics Olympiad (IPhO) ) yang akan dilaksanakan Lithuania.  International Chemistry Olympiad (IChO) ) yang akan dilaksanakan Turki, International Olympiad in Informatics (IOI) ) yang akan dilaksanakan Singapura, International Biology Olympiad (IBO) ) yang akan dilaksanakan Jepang, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ) yang akan dilaksanakan Kolombia, International Earth Science Olympiad (IESO) ) yang akan dilaksanakan Rusia, International Geography Olympiad (IGeO) ) yang akan dilaksanakan Turki, dan International Economics Olympiad (IEO) ) yang akan dilaksanakan Kazakhstan.

Selengkapnya silahkan baca dan download Buku Panduan / Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2020/2021



Link Download Buku Panduan / Pedoman atau Juknis KSN SMA Tahun 2020/2021 ----DISINI-----

Demikian informasi tentang Buku Panduan / Pedoman atau Juknis KSN SMA Tahun 2020/2021. Semoga ada manfaatnua terima kasih.


No comments:

Post a Comment



































Free site counter