Latest:

Pengertian Pendidikan Secara Etimologi Dan Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Pendidikan Secara Etimologi dan Menurut Pendapat Para Ahli

Berikut ini beberapapengertian pendidikan secara etimologi (bahasa) pendidikan adalah:
a.    Dalam bahasa Indonesia, pendidikan berasal dari kata “didik” lalu kata ini mendapat awalan dan akhiran pe-an yang artinya proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang kelompok orang, dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Sedangkan kata mendidik artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan, diperlukan adanya ajaran dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan fikiran.
b.    Dalam bahasa inggris, education (pendidikan) berasal dari kata  educate (mendidik) artinya memberi peningkatan  (to elicit to give, rise to) dan mengembangkan  (to evolve, to develop). Dalam pengertian yang sempit education atau pendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan.
c.     Dalam bahasa Yunani,  paedagogie (pendidikan) berasal dari kata “pais” artinya anak, dan “again” diterjemahkan membimbing. Jadi  peadagogie yaitu bimbingan yang diberikan kepada anak.
d.    Dalam pandangan psikologi. Pendidikan diartikan sebagai  the institutional procedures which are employed in accomplishing is applied to formal institution. Jadi, pendidikan berarti tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah dan madrasah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap dan sebagainya. Pendidikan dapat berlangsung secara informal seperti sekolah, madrasah dan istitusi-institusi lainnya.


Pengertian Pendidikan Secara Etimologi Dan Menurut Pendapat Para Ahli


Setelah kita mengetahui tentang pengertian pendidikan secara etimologi, berikut ini akan dipaparkan mengenai pengertian pendidikan menurut pendapat para ahli pendidikan adalah :
a.    Menurut John Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.
b.    Menurut Langeveld
Mendidik adalah mempengaruhi anak dalam usaha membimbingnya supaya menjadi dewasa. Usaha membimbing adalah usaha yang disadari dan dilaksanakan dengan sengaja antara orang dewasa dengan anak/ yang belum dewasa.
c.     Menurut Hoogeveld
Mendidik adalah membantu anak supaya ia cakap-cakap menyelenggarakan tugas hidupnya atas tanggung jawabnya sendiri.
d.    Menurut SA. Bratanata dkk
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaan.
e.    Menurut Rousseu
Pendidikan adalah memberi kata perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.
f.      Menurut Ki Hajar Dewantara
Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
g.    Sedangkan dalam GBHN (TAP MPR No. IV/MPR 1973) pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuandidalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

Demikian informasi tentang Pengertian Pendidikan Secara Etimologi dan Menurut Pendapat Para Ahli. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter