Latest:

RPP SD / MI KELAS 3 berdasarkan Kurikulum 2013 edisi 2020/2021

RPP SD MI  KELAS 3 berdasarkan Kurikulum 2013 edisi 2020/2021 

RPP SD MI  KELAS 3 berdasarkan Kurikulum 2013 edisi 2020/2021 ini merupakan bahan persiapan mengajar bagi guru kelas 3 SD/MI. 
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.

Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar; (2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana (Kunandar, 2011: 264).

Fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien (Kunandar, 2011: 264).
RPP dikembangkan dengan mengikuti prinsip-prinsip berikut: 1) RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam betuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. 2) RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar. 3) RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik. 4) RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar. 5) RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis. 6) Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan. 7) RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.

Selain itu RPP juga  disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar serta dalam penyusunan harus mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Untuk Bapak/Ibu guru SD / MI yang membutuhkan contoh RPP untuk SD / MI  KELAS 3 Kurikulum 2013, berikut kumpulan link download membutuhkan contoh RPP untuk SD / MI  KELAS 3 berdasarkan Kurikulum 2013 edisi 2020/2021.

RPP untuk SD / MI  KELAS 3 berdasarkan Kurikulum 2013 edisi 2020/2021
LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 1
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 1 - Sayangi Hewan dan Tumbuhan  Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 1 - Pengalaman yang Mengesankan Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 1 - Mengenal Cuaca dan Musim Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 1 - Ringan Sama Dijinjing Berat  Klik Disini 

LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Bermain dan Berolahraga Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2 - Indahnya Persahabatan Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Kita Berhemat untuk Mas Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2 - Berperilaku Baik dalam Kehidupan Klik Disini 
          LINK DOWNLOAD CONTOH RPP SD / MI  KELAS 3 SEMESTER 2 - Menjaga Kelestarian Lingkung Klik Disini 

Demikian info Contoh RPP Kelas 3 SD Sesuai Kurikulum 2013(Lengkap) edisi 2020/2021, Semoga bermanfaat. Semoga info  Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM Kurikulum 2013 SD / MI bisa membantu Bapak/Ibu yang membutuhkan. 
----------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment



































Free site counter