Latest:

LATIHAN SOAL PAT KELAS 8 SMP/MTS TAHUN 2021-2022

Soal PAT KELAS 8 SMP/MTS Tahun 2021-2022


Latihan Soal PAT KELAS 8 SMP/MTS Tahun 2021-2022. Penilaian Akhir Tahun (PAT)merupakan rangkaian akhir dari mata rantai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dari hasil kegiatan tersebut kemudian dijadikan sebagai salah satu acuan dalam penentuan kenaikan kelas.

 

Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun dibuat oleh guru mata pelajaran masing-masing dengan mengacu pada Kurikulum yang digunakan. Materi Pelajaran yang diulangankan  juga mengacu pada Kurikulum yang digunakan. Bentuk Soal Penilaian Akhir Tahun, berupa a) Pilihan Ganda dengan empat option meliputi soal dengan gambar, grafik, dan peta; b) Bentuk uraian mengukur aspek intelektual pemahaman , penerapan, sintesis, analisis, dan evaluasi; c) Aspek yang diukur meliputi pemahaman (C1), penerapan (C2), dan analisis (C3) dengan komposisi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran; d) d. Alokasi, Jumlah, dan Bentuk Soal, masing-masing mata pelajaran 40 PG dan 5 Essay.

 

Kunci sukses menghadapi Soal PAT KELAS 8 SMP/MTS Tahun 2021-2022. Agar sukes dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) berikut ini hal-hal yang mesti dilakukan

1. Atasi kelemahan diri sendiri

Punya kelemahan dalam mata pelajaran tertentu? Yang harus kamu lakukan bukannya malah takut dan semakin malas-malasan menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kamu harus bisa mengatasi kelemahan diri sendiri dengan lebih banyak berlatih.

Cara menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran yang kamu anggap lemah adalah dengan menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar dan berlatih soal mata pelajaran tersebut. Namun, bukan berarti kamu mengabaikan mata pelajaran lainnya, ya! Kamu tetap harus pandai membagi waktu untuk mempelajari semua mata pelajaran, tapi sediakan waktu lebih banyak untuk mata pelajaran yang sulit bagimu.

 

2. Pahami kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Beberapa bulan menjelang  Penilaian Akhir Tahun (PAT), gurumu akan memberikan sejumlah kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT)mendatang. Cobalah untuk berkonsentrasi memahami kisi-kisi  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tersebut bersama teman-temanmu.

Jika ada yang tidak kamu mengerti, tanyakan kepada gurumu selagi kamu masih memiliki kesempatan untuk bertanya. Apabila gurumu tidak memberikan kisi-kisi  Penilaian Akhir Tahun (PAT), carilah kisi-kisi tersebut di internet atau bimbingan belajar.

 

3. Kerjakan latihan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT)tahun-tahun lalu

Meskipun tidak sama persis, setidaknya soal Penilaian Akhir Tahun (PAT)tahun lalu bisa memberikan kamu gambaran mengenai mode soal  Penilaian Akhir Tahun (PAT) mendatang. Dapatkan soal-soal  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun-tahun sebelumnya dengan membeli buku kumpulan soal di toko buku atau browsing di internet.

Setiap hari kamu bisa mengerjakan beberapa soal latihan untuk sekedar berlatih. Setelah mengerjakan, cocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban yang tersedia. Jika masih ada jawaban yang salah, pelajari letak kesalahanmu dan berlatihlah dengan soal serupa lainnya. Lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk mengerjakan soal-soal latihan dengan level  Penilaian Akhir Tahun (PAT) seperti itu.

 

4. Temukan strategi belajar yang nyaman

Setiap orang memiliki strategi belajar masing-masing. Misalnya, kamu lebih suka belajar dengan menggunakan Teknik Pomodoro, strategi belajar selama 25 menit di mana dalam waktu tersebut kamu akan berkonsentrasi mempelajari semua poin-poin penting dalam materi belajarmu dan setelah 25 menit itu berakhir, kamu bisa refreshing sejenak selama 10 menit.

Akan tetapi, mungkin kawanmu lebih suka belajar dengan teknik memory place. Ini adalah teknik di mana kamu bisa menghafal dengan mudah, seperti ketika kamu diminta menghafalkan: Adi membawa 2 ikan, 5 apel, 4 pisang, dan 2 telur. Kamu akan menghafalnya dengan cara yang lebih mudah seperti: di sebuah piring ada 2 ikan dan 2 telur, lalu di keranjang ada 5 apel dan 4 pisang.

So, setiap orang memiliki teknik belajarnya tersendiri. Kamu hanya perlu menemukan strategi belajar yang paling nyaman. Yang penting teknik belajar yang kamu pilih dapat membuatmu menghafal materi  Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan baik.

 

5. Ikut bimbingan belajar

Salah satu cara menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT)yang banyak dilakukan oleh siswa-siswi di Indonesia adalah ikut bimbingan belajar. Di dalam bimbingan belajar terdapat tutor yang akan menjelaskan tentang materi Penilaian Akhir Tahun (PAT)dan kamu juga bisa memperoleh soal-soal latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Bimbingan belajar dapat mengusir rasa bosan saat belajar karena di sini kamu akan belajar bersama dengan teman-teman baru. Di samping itu, soal-soal yang diberikan dalam lembaga belajar biasanya cukup variatif dan banyak. Kamu bisa memperoleh ilmu sekaligus teman baru ketika mengikuti bimbingan belajar sebelum ujian.

 

6. Disiplin dalam belajar

Menjelang Penilaian Akhir Tahun (PAT), kamu tidak bisa mengandalkan belajar dengan sistem kebut semalam. Kamu harus mendisiplinkan diri untuk belajar setiap hari. Tentukan durasi waktu belajarmu sendiri, seperti 1-2 jam setiap hari. Belajarlah dengan durasi waktu yang sudah kamu tentukan.

Apapun aktivitas yang kamu lakukan, tinggalkan terlebih dahulu aktivitas tersebut saat waktu belajarmu sudah tiba. Kamu boleh menambah durasi waktu belajar, tapi jangan sesekali mengurangi durasinya agar kamu lebih disiplin.

 

7. Tinggalkan hal-hal tidak bermanfaat yang merusak konsentrasi

Jika sehari-hari kamu terbiasa melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat, sekarang adalah saat yang tepat untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Kamu harus menyediakan lebih banyak waktu belajar untuk menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Biasanya sepulang sekolah kamu terbiasa nongkrong dulu sama teman, sekarang sepulang sekolah sebaiknya langsung pulang agar kamu bisa beristirahat dan belajar. Apapun kebiasaanmu, jika tidak bermanfaat untuk menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT) maka sebaiknya hindari saja terlebih dahulu.

 

8. Refreshing tanpa kebablasan

Sibuk mencari cara menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT)? Beberapa waktu terakhir kamu memang jadi sibuk belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT). Namun, jangan lupa untuk refreshing agar pikiranmu kembali segar dan tidak jenuh karena belajar terus menerus.

Di akhir pekan, cobalah untuk refreshing dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai. Namun, kamu harus konsisten bahwa kamu hanya bisa bersenang-senang pada akhir pekan atau waktu yang sudah ditentukan saja. Setelah refreshing dijamin pikiranmu akan kembali fresh untuk menerima materi-materi pelajaran lagi.

 

9. Jaga kesehatan tubuh

Setelah menjaga kesehatan pikiran dengan melakukan refreshing setiap beberapa waktu, kamu juga jangan lupa memperhatikan kesehatan tubuh. Belajar selama berjam-jam boleh-boleh saja, tapi jangan lupa makan dan tidur. Bila perlu minumlah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kamu harus menjaga kesehatan tubuh agar saat hari H  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tiba kamu memiliki tubuh yang sehat dan prima untuk mengerjakan soal-soal ujian. Jangan sampai belajar sampai begadang dan kurang tidur, ya! Kalau kamu sakit, semua usaha yang sudah kamu lakukan untuk mempersiapkan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tentu akan menjadi sia-sia.

 

10. Berdoa dan percaya diri

Kamu sudah melakukan sejumlah usaha belajar untuk bisa lulus ujian dengan nilai terbaik. Akan tetapi, semua usahamu tidak ada artinya jika kamu tidak berdoa. Jangan lupa berdoa untuk kelancaran dalam mengerjakan  Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Selain itu, kamu juga harus percaya diri dan optimis saat mengerjakan soal ujian. Jika ada soal yang sulit, kamu harus tetap tenang dan yakin akan kemampuan diri sendiri untuk mengerjakan soal tersebut.

 

Untuk Kamu yang mau berlatih berikut ini Kumpulan  Soal PAT KELAS 8 SMP/MTS Tahun 2021-2022


Latihan Soal UKK - PAT PPKN Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT PAI Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT Matematika Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT IPA Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT IPS Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT Bahasa Inggris Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT Penjas (PJOK) Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Latihan Soal UKK - PAT Prakarya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)

Latihan Soal UKK - PAT Seni Budaya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)

 

Demikian info tentang Soal PAT KELAS 8 SMP/MTS Tahun 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

No comments:

Post a Comment



































Free site counter