Latest:

Cara Mengatasi Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 Yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 Yang Cepat Habis


Cara Mengatasi Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 Yang Cepat Habis. Tidak hanya pada laptop axioo, salah satu  keluhan para penggunaan Laptop ada tentang baterai laptop yang bocor atau bahkan tidak bisa menyimpan daya sama sekali alias tanpa dicas (charge) laptop tersebut akan cepat habis atau langsung mati selalu ada dimana-mana.

 

Cara Mengatasi Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 dan merek lain yang Cepat Habis. Untuk pengguna windows,  Microsoft sendiri sudah menanamkan tools untuk menghemat konsumsi baterai pada sistem operasi Windows 10. Pada dasarnya, yang membuat baterai laptop cepat habis ialah penggunaan yang extreme seperti bermain game, mengolah video, maupun multitasking.

 

1. Dengan Mengisi Penuh Baterai Laptop Sebelum digunakan

Cara Mengatasi Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 Yang Cepat Habis adalah dengan Mengisi Penuh Baterai Laptop seblum digunakan Lakukanlah kebiasaan baik sebelum menggunakan laptop, terutama jika laptop tersebut masih baru dan belum bocor baterainya. yaitu dengan cara mengisi penuh terlebih dulu baterai hingga 100%. Biasanya hal ini tidak akan memakan waktu terlalu lama, cukup 2 sampai 3 jam saja diwaktu senggang. Selain membuat baterai menjadi lebih awet ketahanannya juga menambah kenyamanan saat menggunakan laptop.

 

2. Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di background

Windows 10 dilengkapi dengan berbagai software bawaan yang kadang tidak kita gunakan. Daripada tidak digunakan dan hanya menjadi pemicu baterai menjadi boros, lebih baik aplikasi ini di nonaktifkan. Untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background Windows 10, pengguna hanya perlu pergi ke Settings > Privacy > Background Apps. Di dalam menu terdapat berbagai aplikasi seperti Weather, Xbox, Groove Music, Get Office, dan lain-lain. Silahkan nonaktifkan agar menghemat baterai laptop/PC.

 

2. Mengatur Daya Baterai ke Battery Saver

Menghemat baterai laptop di Windows 10 bisa dengan cara mengubah power plan ke ‘Battery Saver’. Windows 10 memiliki dua pilihan mode, diantaranya Battery Saver dan Normal Mode. Fitur yang sangat ampuh menghemat baterai laptop ini secara otomatis akan memanajemen konsumsi baterai pada Windows. Cara Mengatur Daya Baterai ke Battery Saver. Aturlah opsi daya penggunaan baterai laptop dengan cara mengaktifkan Battery Saver pada Windows 10 dengan mengklik kiri ikon pesan pada pojok kanan bawah lalu aktifkan mode hemat daya. Untuk penggunaan Windows 7/8/8.0 kamu bisa klik ikon baterai pada pojok kanan bawah, lalu aktifkan mode ballance, selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never juga atur Put the computer to sleep menjadi Never.

 

3. Menyiapkan Hibernate & Opsi Low Battery

Kemudian lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan cara Power Optios > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate. Selanjutnya atur Low battery level 5%.

 

4. Biarkan Baterai Laptop Kamu Habis Dengan Sendirinya

Selanjutnya selama proses kalibrasi biarkan laptop kamu menyala dan baterai habis dengan sendirinya. Kemudian, isi kembali daya baterai kamu hingga penuh lagi. Pastikan kamu tidak menggunakan laptop selama proses kalibrasi ini berjalan. Setelah proses kalibrasi baterai selesai, kamu bisa mengembalikan Power Plan pada pilihan semula.

 

Berikut ini beberapa penyebab Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 dan merek lain yang Cepat Habis, antara lain:

1. Penggunaan Terlalu Lama

Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 yang digunakan dalam waktu yang lama akan membuatnya mudah panas. Saat anda menggunakan laptop hingga berjam-jam bahkan sampai baterai habis, akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam baterai. Sistem akan menjadi panas jika laptop digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga akan berdampak buruk pada komponen lainnya, termasuk diantaranya baterai. Dampak yang terjadi pada komponen satu ini biasanya baterai laptop cepat habis.

 

2. Melakukan Charger Sambil Mengoperasikan Laptop

Penyebab dari Baterai Laptop Axioo My Book Pro 14 yang mudah habis selanjutnya adalah mencharger laptop sambil menggunakannya. Hal tersebut sepele, namun akan menimbulkan masalah jika dilakukan secara terus menerus. Mengisi daya laptop dan langsung memakainya akan langsung menyedot daya yang terisi. Dengan demikian, daya yang terisi pada baterai tidak akan terisi dengan sempurna sehingga mudah habis. Bila anda tidak menginginkan baterai boros, maka hindari perilaku seperti itu.

 

3. Pekerjaan Laptop Terlalu Berat

Kemampuan laptop dipengaruhi oleh spesifikasi bawaan. Spesifikasi laptop yang baik akan mampu menjalankan pekerjaan yang berat sekalipun. Begitu sebaliknya, jika spesifikasinya rendah, maka jika dipaksa melakukan pekerjaan berat akan membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rusak. Akibatnya laptop akan bekerja keras dan mudah panas. Hal tersebut akan membuat baterai laptop cepat habis dan menurunkan kualitasnya. Penggunaan internet juga memicu baterai boros. Laptop akan bekerja lebih ekstra jika jaringan pada internet buruk. Laptop akan menjadi panas dan berpengaruh pada baterainya. Alhasil, saat digunakan, baterai laptop akan boros.




No comments:

Post a Comment



































Free site counter