Latest:

Peraturan Menpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual

Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual


Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual. Apa yang dimaksud peraturan ? Secara singkat peraturan adalah perangkat yang berisi patokan dan ketentuan untuk dijadikan pedoman yang merupakan hasil dari keputusan yang telah disepakati dalam suatu organisasi yang bersifat mengikat, membatasi dan mengatur dan harus ditaati serta harus dilakukan untuk menghindari sangsi dengan tujuan menciptakan ketertiban, keteraturan, dan kenyaman. Peraturan dapat juga disebut sebagai ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan kendalikan tingkah laku yang sesuai dan diterima: setiap warga masyarakat harus menaati aturan yang berlaku; atau ukuran, kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau membandingkan sesuatu.

 

Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual merupakan salah ketentuan yang mengatur Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual dan angka kreditnya diterbitan untuk pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan analisis dan evaluasi di bidang kekayaan intelektual.

 

Berdasarkan yang Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektualdimaksud Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan Analisis dan Evaluasi di Bidang Kekayaan Intelektual. Pejabat Fungsional Analis Kekayaan Intelektual yang selanjutnya disebut Analis Kekayaan Intelektual adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan Analisis dan Evaluasi di Bidang Kekayaan Intelektual.

 

Analis Kekayaan Intelektual berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional yang melaksanakan Analisis dan Evaluasi di Bidang Kekayaan Intelektual pada Instansi Pembina. Analis Kekayaan Intelektual berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual. Kedudukan Analis Kekayaan Intelektual ditetapkan dalam peta jabatan berdasarkan analisis tugas dan fungsi unit kerja, analisis jabatan, dan analisis beban kerja yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual merupakan jabatan karier PNS. Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual termasuk dalam rumpun hak cipta, paten, dan merek. Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual merupakan Jabatan Fungsional kategori keahlian. Jenjang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual terdiri atas: a) Analis Kekayaan Intelektual Ahli Pertama; b) Analis Kekayaan Intelektual Ahli Muda; c) Analis Kekayaan Intelektual Ahli Madya; dan d) Analis Kekayaan Intelektual Ahli Utama.


Jenjang pangkat Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual sebagaimana tercantum dalam Lampiran III sampai dengan V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

 

Berdasarkan Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual, tugas Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual yaitu melaksanakan Analisis dan Evaluasi di Bidang Kekayaan Intelektual. Unsur kegiatan Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual yang dapat dinilai Angka Kreditnya terdiri atas:

a. perencanaan layanan kekayaan intelektual;

b. pengelolaan permohonan layanan kekayaan intelektual;

c. pemberdayaan kekayaan intelektual;

d. penyelesaian sengketa kekayaan intelektual;

e. evaluasi dan pemantauan layanan kekayaan intelektual; dan

f. rekomendasi tindak lanjut layanan kekayaan intelektual.

 

Sub-unsur dari unsur kegiatan terdiri atas:

a. perencanaan layanan kekayaan intelektual meliputi:

1. penyusunan rencana kerja layanan kekayaan intelektual; dan

2. evaluasi rencana kerja layanan kekayaan intelektual;

b. pengelolaan permohonan layanan kekayaan intelektual meliputi:

1. layanan permohonan kekayaan intelektual; dan

2. layanan pasca permohonan kekayaan intelektual;

c. pemberdayaan kekayaan intelektual meliputi:

1. persiapan diseminasi kekayaan intelektual;

2. pelaksanaan diseminasi kekayaan intelektual; dan

3. inventarisasi kekayaan intelektual komunal;

d. penyelesaian sengketa kekayaan intelektual meliputi:

1. inventarisasi data laporan aduan terkait pelanggaran kekayaan intelektual;

2. inventarisasi dokumen dan analisa terhadap pelaksanaan mediasi dalam rangka penyelesaian sengketa alternatif;

3. edukasi pencegahan pelanggaran kekayaan intelektual; dan

4. pelaksanaan kegiatan pemetaan wilayah potensi pelanggaran kekayaan intelektual;

e. evaluasi dan pemantauan layanan kekayaan intelektual meliputi:

1. evaluasi dan pemantauan layanan permohonan kekayaan intelektual;

2. evaluasi dan pemantauan pemberdayaan kekayaan intelektual; dan

3. evaluasi dan pemantauan penyelesaian sengketa kekayaan intelektual;

 

f. rekomendasi tindak lanjut layanan kekayaan intelektual meliputi:

1. pengembangan rencana strategis kekayaan intelektual;

2. pengembangan standar layanan kekayaan intelektual; dan

3. pengembangan kualitas kinerja layanan kekayaan intelektual.

 

Pengangkatan PNS ke dalam Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual dilakukan oleh pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengangkatan PNS ke dalam Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual dilakukan melalui: a) pengangkatan pertama; b) perpindahan dari jabatan lain; c) penyesuaian; atau d) promosi.

  

Selengkapnya silahkan download dan baca Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual, melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini.

  

Link download Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter