Latest:

Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS

Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS

Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS format word dan pdf. Berdasarkan buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional  Satuan Pendidikan (KOSP), Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

 

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU Sisdiknas/2003). Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan.

 

Komponen dalam kurikulum operasional ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik. 


Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS format word dan pdf


Sebelum Admin membagikan link Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS format word dan pdf. Berikut ini prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan yang perlu diketahui.  Berdasarkan Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Pada Program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan, dijelaskan bahwa prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan:

 

1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional sekolah

2. Kontekstual, menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB)

3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami

4. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual

5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

 

Dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, Profil Pelajar Pancasila sebagai acuan dalam menyusun visi, misi, dan tujuan di satuan pendidikan. rofil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”

 

“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila” Pernyataan ini berkaitan dengan dua hal, yaitu kompetensi untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Dalam hal ini, peserta didik Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial.

 

Keenam dimensi tersebut adalah: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) Berkebinekaan global, 3) Bergotong-royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar kritis, dan 6) Kreatif. Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

 

Jadi posisi dan fungsi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum sekolah, yaitu sebagai: 1) Tujuan jangka panjang segala proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah; 2) Kompetensi dan karakter yang perlu dikembangkan oleh setiap warga sekolah; 3) Benang merah yang menyatukan segala praktik yang dijalankan di sekolah

 

Apa saja Dokumen KOSP SMP – MTS? Komponen Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan menjadi komponen utama yang ditinjau setiap 4-5 tahun, yakni 1) Karakteristik satuan pendidikan; 2) Visi, misi, dan tujuan; 3) Pengorganisasian pembelajaran; 4) Rencana Pembelajaran; 5) Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional; 6) Lampiran

 

Bagi yang membutuhkan silahkan Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS format word dan pdf melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Download Contoh Dokumen KOSP SMP - MTS format word dan pdf. Semoga ada manfaatnya. 

No comments:

Post a Comment



































Free site counter