Latest:

Jadwal dan Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023

Jadwal dan Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023


Petunjuk Teknis atau Juknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023 merupakan acuan calon peserta Seleksi Penulis Gerakan Literasi Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kemendikbudristek turut aktif menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang mulai digiatkan tahun 2016. Salah satu yang dibutuhkan dalam gerakan literasi ini adalah tersedianya bahan bacaan. Gerakan literasi menjadi bagian penting dalam upaya penumbuhan budi pekerti. Seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti. Pengembangan budaya literasi dilakukan melalui pendidikan yang terin tegrasi, mulai dari pendidikan nonformal dalam ranah keluarga, pendidikan formal di sekolah, sampai pada pendidikan secara sosial di masyarakat. Pengembangan ini sejalan dengan prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015. Dalam prasyarat ini, literasi diklasifikasikan menjadi enam literasi dasar yang mencakup literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya serta kewargaan. Penguasaan enam literasi dasar ini menjadi sangat penting, tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua serta masyarakat pada umumnya.

 

Salah satu upaya menumbuhkan budi pekerti pada anak adalah melalui aktivitas membaca. Minat baca pada anak perlu dipupuk sejak usia dini , dimulai dari lingkungan keluarga. Ketersediaan pilihan buku yang sesuai dengan jenjang pembacanya, terutama usia dini dan awal, akan membantu meningkatkan minat baca pada anak. Selain itu, buku yang bermutu dan berkualitas juga akan mendorong aktivitas membaca dan menulis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca yang baik, lima literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan.

 

Untuk mendukung upaya tersebut, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) sebagai salah satu unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil ikhtiar penyediaan bahan bacaan literasi yang bermutu dan dapat dijangkau ketersediaannya oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, bahan bacaan tersebut dia diharapkan mampu mendorong praktik baik literasi baca -tulis di sekolah, di komunitas liter asi, serta pada kegiatan lain yang berkaitan erat dengan penumbuhan budaya literasi.

 

Badan Bahasa telah enam tahun (2016—2022) melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN). Penyediaan bahan bacaan ini mencakup jenjang pendidikan usia dini sampai menengah atas. Badan Bahasa sudah menerbitkan lebih dari 900 buku yang diperoleh melalui sayembara penulisan bahan bacaan literasi dan sudah lolos penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk).

 

Pada tahun 2023 penyediaan bahan bacaan literasi yang dilakukan melalui kegiatan Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi 2022 akan berfokus pada jenjang pembaca awal (perkiraan usia 4—10 tahun). Pola penyediaan ini dilakukan agar kompetensi penulis dapat diarahkan secara maksimal untuk menggali dan menuangkan ide dalam menulis buku bacaan sesuai dengan tema yang diinginkan.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023, Tema bahan bacaan literasi tahun 2023 lebih difokuskan kepada anak agar melalui bahan bacaan literasi, kesadaran dan kepedulian anak terhadap pengetahuan dan keterampilan, serta hak dan kewajibannya dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat dapat meningkat. Tema bahan bacaan literasi tahun 202 3 untuk jenjang Pembaca Awal B1, B2, dan B3 dikelompokkan sebagai berikut.

1) Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

Tujuan tema ini adalah untuk memberikan kesadaran, kepedulian, dan pengetahuan kepada anak agar kekerasan terhadap anak dapat terhindarkan. Kekerasan terhadap anak melingkupi, antara lain kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan emosi, kekerasan verbal, perundungan ( bullying), penculikan, diskriminasi, penelantaran, dan perusakan.

2) Pendekatan Sains dalam Kehidupan

Tujuan tema ini adalah untuk memberikan kesadaran, kepedulian, dan pengetahuan kepada anak agar dapat mengaplikasikan ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana. Tema ini dapat bercerita mengenai cerita fiksi yang dibingkai dengan nuansa keilmuan, aplikasi sains dalam kehidupan sehari-hari, dan isu -isu terkait sains dan teknologi.

3) Pengenalan Literasi Finansial

Tujuan tema ini adalah untuk memberikan kesadaran, kepedulian, dan pengetahuan kepada anak agar mengenal literasi finansial sebagai sebuah kecakapan hidup. Tema ini dapat bercerita tentang praktik sederhana mengenai transaksi ekonomi, pengenalan mata uang sebagai nilai tukar, dan pengenalan sumber daya ekonomi.

4) Pengenalan kearifan lokal melalui permainan tradisional dan bahasa daerah

Tujuan tema ini adalah untuk memberikan kesadaran, kepedulian, dan pengetahuan kepada anak agar mengenal kearifan lokal mengenai permainan tradisional dan bahasa daerah. Tema ini dapat bercerita tentang cerita fiksi yang dibingkai dengan konsep pengenalan permainan tradisional dan pengenalan bahasa daerah, serta pengenalan sastra daerah seperti teka -teki, pantun, dan syair.

 

Fokus Karakter

Berdasarkan informasi tentang Jadwal dan Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023, dinyatakan bahwa Nilai-nilai karakter dalam bahan bacaan literasi mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Nilai-nilai yang dimaksud di antaranya relig ius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Namun, bahan bacaan literasi tahun 2023 diharapkan lebih difokuskan pada nilai karakter sebagai berikut.

1) Berani

2) Jujur

3) Percaya diri dan mencintai/menghargai diri sendiri

4) Toleransi

5) Kerja sama/Gotong royong

6) Cinta lingkungan

7) Berpikir kritis/problem solving

 

Ketentuan Umum Buku

a. Merupakan buku cerita bergambar (picture book).

b. Merupakan karya asli si penulis, bukan plagiat .

c. Belum pernah dipublikasikan atau menjadi pemenang pada lomba lain.

d. Memiliki satu tema dengan maksimal tiga fokus karakter.

e. Tidak memperlihatkan kekerasan dan pornografi.

f. Tidak mempertentangkan SARA dan gender .

g. Tidak mengandung ujaran kebencian, propaganda, dan merek produk.

h. Memiliki kekuatan dan pesan tentang sikap hidup dalam keluarga dan masyarakat.

i. Menggunakan aplikasi Indesign untuk pengatakan (lay out).

 

Ketentuan Khusus Buku

Jenjang Pembaca Awal B1 (perkiraan usia 4—6 tahun)

a. Isi Buku

1) Berupa olah pikir, olah rasa, dan olah karsa.

2) Berupa fakta, konsep, dan prosedur sederhana sesuai dengan tema yang dipilih.

3) Disajikan secara naratif.

b. Bahasa

1) Menggunakan diksi (pilihan kata) umum yang terdiri atas kata dasar dan kata bentukan yang sering digunakan.

2) Memuat 10—40 kosakata umum yang sering digunakan.

3) Menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat tunggal, dan (jika diperlukan) kalimat majemuk setara.

4) Penulisan kalimat tidak berbentuk paragraf.

5) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk penulisan kata dalam ilustrasi.

c. Grafika

1) Ukuran buku A4.

2) Format buku berisi gambar dengan proporsi minimal 80%.

3) Penempatan atau posisi teks konsisten pada setiap halaman.

4) Jenis huruf Andika New Basic dengan ukuran minimal 20 pt.

5) Maksimal 7 kata per kalimat (dianjurkan 3—6 kata).

6) Maksimal 5 kalimat per halaman (dianjurkan 3—4 kalimat).

7) Halaman isi buku berjumlah 23 halaman (tidak termasuk Biodata dan Catatan/Glosarium).

8) Ilustrasi berwarna penuh dan harus mendukung isi cerita.

 

Jenjang Pembaca Awal B2 (perkiraan usia 7—9 tahun)

a. Isi Buku

1) Berupa olah pikir, olah rasa, dan olah karsa.

2) Berupa fakta, konsep, dan prosedur sederhana sesuai dengan tema yang dipilih.

3) Disajikan secara naratif.

 

b. Bahasa

1) Menggunakan diksi (pilihan kata) berupa kata umum yang sering digunakan dan kata khusus yang berhubungan dengan tema, dapat berupa kata dasar dan kata bentukan.

2) Menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk setara. Belum menggunakan paragraf.

3) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk penulisan kata dalam ilustrasi .

c. Grafika

1) Ukuran buku A4.

2) Format buku berisi gambar dengan proporsi minimal 70% .

3) Penempatan atau posisi teks di setiap h alaman terstruktur dan ter baca dengan mudah .

4) Jenis huruf Andika New Basic dengan ukuran minimal 1 8 pt.

5) Maksimal 9 kata per kalimat.

6) Maksimal 7 kalimat per halaman.

7) Halaman i si buku berjumlah 2 6 halaman (tidak termasuk Biodata dan Catatan/G losarium ).

8) Ilustrasi berwarna penuh dan harus mengandung isi.

 

Jenjang Pembaca Awal B3 (perkiraan usia 8—10 tahun)

a. Isi Buku

1) Berupa olah pikir, olah rasa, dan olah karsa.

2) Berupa fakta, konsep, dan prosedur sederhana sesuai dengan tema yang dipilih.

3) Disajikan secara naratif.

b. Bahasa

1) Menggunakan diksi (pilihan kata) berupa kata umum yang sering digunakan dan kata khusus yang berhubungan dengan tema, dapat berupa kata dasar dan kata bentukan.

2) Menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat tunggal, kalimat majemuk, dan paragraf sederhana.

3) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk penulisan kata dalam ilustrasi.

c. Grafika

a. Ukuran buku A4.

b. Format buku berisi gambar dengan proporsi minimal 40%.

c. Penempatan kalimat dan paragraf di setiap halaman terstruktur dan mudah terbaca.

d. Je nis huruf Andika New Basic dengan ukuran minimal 1 6 pt.

e. Maksimal 12 kata per kalimat.

f. Maksimal 3 paragraf per halaman (maksimal 3 kalimat per paragraf).

g. Halaman isi buku berjumlah 34 halaman (tidak termasuk Biodata dan Catatan/G losarium) .

h. Ilustrasi berwarna penuh dan harus mengandung isi.

 

Apa Kriteria dan Ketentuan Calon penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023? Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023, berikut ini ketentuannya

 1. Proses Seleksi

a. Kriteria calon penulis buku bacaan literasi

1) Merupakan warga negara Indonesia.

2) Berusia minimal 1 9 tahun.

3) Mengajukan kelengkapan pendaftaran sesuai ketentuan .

4) Jika tidak memiliki kemampuan ilustrasi, penulis wajib bekerja sama dengan ilustrator profesional.

b. Panitia akan menyeleksi seluruh calon penulis .

c. Calon penulis yang memenuhi kriteria penilaian akan dipilih untuk menjadi penulis buku bacaan literasi tahun 202 3.

d. Penulis terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian pembuatan buku bacaan literasi tahun 2023, di antaranya kegiatan pertemuan penulis dan revisi setelah penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk).

e. Buku bacaan literasi yang akan dibuat berjumlah 80 buku dengan pembagian: 28 buku untuk Jenjang Pembaca Awal B1 (perkiraan usia 4 —6 tahun), 28 buku untuk Jenjang Pembaca Awal B2 (perkiraan usia 7—9 tahun), dan 24 buku untuk Jenjang Pembaca Awal B3 (perkira an usia 8—10 tahun).

f. Satu penulis maksimal dapat menulis tiga buku untuk jenjang yang berbeda (berdasarkan hasil penilaian juri)

g. Satu buku yang ditulis akan dihargai Rp1 3.000.000 ,00 (dipotong pajak).

h. Buku yang ditulis menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

i. Penulis terpilih wajib mengirimkan berkas pendaftaran dalam bentuk cetak ke Kantor Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, 13220.

 

2. Informasi Pendaftaran dan Pengumuman Penulis Terpilih

a. Calon penulis yang ingin mengikuti seleksi diwajibkan mengirimkan persyaratan berikut:

1) foto/ scan KTP /SIM /Kartu Mahasiswa ;

2) foto/scan NPWP;

3) biodata dan pas foto 3x4 berwarna (format terlampir);

4) papan cerita/storyboard (format terlampir) ;

5) ilustrasi/gambar berwarna untuk satu atau dua halaman berdasarkan storyboard; dan

6) surat pernyataan keaslian naskah/ilustrasi dan kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan (surat pernyataan terlampir).

b. Seluruh berkas persyaratan dibuat dalam satu fail berformat PDF dan diberi nama nama penulis_judul_ tema 1/2/3_ jenjang B1/B2/B3, contoh Mutiara_Ana Berani_Pencegahan Kekerasan terhadap Anak_B3 .

c. Calon penulis melakukan pendaftaran melalui tautan https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2023 dengan melampirkan fail persyaratan. Calon penulis dapat melampirkan lebih dari satu fail persyaratan dengan judul, tema, atau jenjang yang berbeda. Fail persyaratan berisi semua berkas yang tertera di Informasi Pendaftaran nomor a.

d. Pendaftaran melalui tautan hanya dapat dilakukan satu kali dengan satu akun. Pendaftaran akan ditutup pada tangga 14 April 2023 pukul 23.59 WIB.

e. Pengumuman penulis terpilih akan diinformasikan melalui laman badanbahasa.kemdikbud.go.id pada tanggal 22 Mei 2023.

 

3. Informasi Kegiatan

Jika ada hal yang belum dipahami dari proses seleksi ini, calon penulis dapat menghubungi panitia pada alamat pos -el: gerakanliterasinasional2023@gmail.com at au melalui narahubung:

1) Herlina (WA 085262174914) untuk jenjang B1

2) Mutiara (WA 08568021544) untuk jenjang B2

3) Shinta (WA WA 085768365188) untuk jenjang B3

 

Kapan Jadwal Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023 ? Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023, Jadwal lengkap Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023 adalah sebagai berikut

1. Pengumuman seleksi penulis 17 Maret 2023

2. Masa pendaftaran seleksi penulis 17 Maret 2023 —14 April 2023

3. Batas akhir pengumpulan berkas 14 April 2023 pukul 23.59 WIB

4. Penyeleksian oleh pakar/dewan juri 17 April 2023 —17 Mei 2023

5. Pengumuman penetapan penulis terpilih 22 Mei 2023

6. Pertemuan Penulis GLN Tahun 2023 20—23 Juni 2023

7. Masa pembuatan buku 23 Juni —23 Juli 2023

8. Penyuntingan Tahap 1 dan Uji Keterbacaan Agustus—September 2023

9. Penilaian Pusbuk September—Oktober 2023

10. Perbaikan buku berdasarkan penilaian November 2023

11. Penyelarasan akhir November 2023 Finalisasi/Output

12. Publikasi buku bacaan literasi tahun 2023 November—Desember 2023

 

Petunjuk Teknis atau Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023 ini digunakan sebagai petunjuk bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan seleksi penulis dalam rangka penyediaan buku bacaan literasi tahun 2023.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis atau Juknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023. LINKDOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Jadwal dan Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter