Latest:

Juknis atau Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024-2025

 A. Juknis atau Pedoman OSN SD Tahun 2024-2025

Juknis atau Pedoman OSN SD Tahun 2024-2025

Juknis atau Pedoman OSN SD Tahun 2024-2025. Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 

Menindaklanjuti hal di atas Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD). Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

 

Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SD Tahun 2024 ini menjadi pedoman bagi daerah dalam mengikuti kompetisi dan pusat dalam melaksanakan kompetisi. Adapun Tujuan umum OSN-SD Tahun 2024 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai- nilai sportivitas.

 

Dijelaskan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SD Tahun 2024 bahwa Tujuan khusus OSN-SD Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

b. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

c. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;

e. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan;

f. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Tema OSN-SD tahun 2024 adalah “Berprestasi Membangun Kolaborasi” Sedangkan Sasaran seleksi OSN-SD tahun 2024 adalah peserta didik sekolah dasar yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kab./Kota (OSN-K), Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P) dan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional.

 

Ditegaskan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SD Tahun 2024 bahwa Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN-SD Tahun 2024 yaitu: 1). Matematika, dan 2) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) . Adapun Persyaratan peserta OSN SD Tahun 2024, adalah sebagai berikut:

a. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.

b. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2024 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.

c. Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA.

d. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.

e. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

 

Pendamping OSN Tingkat Nasional tahun 2024 memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. Pendamping adalah petugas yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Surat Tugas.

b. Pendamping OSN Tingkat Nasional berjumlah 2 (dua) orang pembina lomba terdiri dari 1 bidang Matematika dan 1 bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina mampu melakukan moderasi jawaban peserta dengan tim juri.

 

Adapun cara Registrasi/Pendaftaran Peserta OSN SD tahun 2024

1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.

3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SD secara akurat dan benar.

5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SD MI Tahun 2024-2025. LINK DOWNLOAD DISINI.

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SD MI Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya.

 

 B. Juknis atau Pedoman OSN SMP Tahun 2024-2025

Juknis atau Pedoman OSN SMP Tahun 2024-2025


Juknis atau Pedoman OSN SMP Tahun 2024-2025. Sebagaimana Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Telah lebih dari 2 (dua) dekade OSN diselenggarakan.

 

Pada 3 (tiga) tahun terakhir, karena kondisi pandemi, OSN diselengarakan secara daring. Antuasiasme siswa SMP untuk tetap berprestasi di tengah situasi pandemi terlihat tetap terjaga. OSN telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

 

Pada tahun ini OSN SMP pada beberapa tahapan dilakukan tetap secara daring, dan yang terbaik akan diundang untuk berkompetisi secara luring pada tingkat nasional. Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs (Pedoman – Juknis OSN SMP MTs) Tahun 2024 ini disusun untuk menjadi acuan para peserta didik dalam mengikuti OSN tahun ini. Disamping itu dengan pedoman ini, guru, kepala sekolah/pengawas, pemerintah daerah dan orang tua dapat ikut membimbing dan mendorong peserta didik untuk meraih prestasi.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini.

 

Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 

Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Sekretariat Jenderal melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi IPA, Matematika dan IPS yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

 

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

 

Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh olimpiade. Selain itu melalui kegiatan olimpiade ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Mengingat kondisi Indonesia saat ini dimana pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, sehingga kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP yang semula dilakukan hanya dengan Dalam Jaringan (Daring) dengan memanfaatkan aplikasi dengan media teknologi dan jaringan internet, sekarang dikombinasikan dengan mekanisme Luar Jaringan (Luring) untuk pelaksanaan tingkat nasional.

 

Pemanfaatan media teknologi dalam olimpiade ini sudah bukan menjadi hal yang baru bagi siswa, sehingga pembiasaan perlu dilakukan agar siswa lebih siap secara teknologi. Dengan adanya perubahan ini maka pedoman kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi Covid-19.

 

Berdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs (Pedoman – Juknis OSN SMP MTs Tahun 2024-2025, Peserta didik OSN SMP adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat, atau yang sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2022/2024 saat mengikuti OSN-K tahun 2024.

 

Ruang Lingkup Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2024 mencakup pengatuan tentang pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 yang meliputi:

1. Cabang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 adalah IPA, IPS, dan Matematika;

2. Jangkauan wilayah sasaran: seluruh kabupaten/kota dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia dan warga negara Indonesia yang bersekolah di luar negeri;

3. Penyelenggara yang terlibat: BPTI, Pusat Prestasi Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah.

4. Lingkup proses:

a. Penyiapan panduan umum dan pedoman pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP dalam masa pasca Pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang berlaku;

b. Pelaksanaan OSN-K dan OSN-P oleh peserta dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online);

c. Pelaksanaan kompetisi OSN tingkat nasional dilaksanakan dengan mekanisme luar jaringan (luring);

d. Pengawasan kompetisi OSN dilakukan oleh orang tua, sekolah, panitia pusat, dan bantuan teknologi;

e. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari BPTI;

f. Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari BPTI.

 

Selanjunya dinyatakan dinyatakandalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2024-2025, Persyaratan peserta adalah sebagai berikut:

1. Berkewarganegaraan Indonesia;

2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2022 pada semua mata pelajaran;

3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat, atau yang sederajat di lingkup wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri, atau sekolah lain di luar negeri;

4. Peserta didik terdaftar sebagai peserta didik SMP/MTs/ sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2022/2024, serta berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2024 saat mengikuti OSN-K tahun 2024;

5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS), kecuali peserta didik luar negeri non SILN;

6. Memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya bernilai Baik untuk bidang lomba yang akan diikuti;

7. Sudah terdaftar pada sistem registrasi sebagai peserta OSN;

8. Menyampaikan surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi OSN SMP.

 

Bagaiamana Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta ? Secara umum pelaksanaan seleksi OSN SMP dilakukan secara berjenjang dimulai dari OSN-K, OSN-P hingga ke OSN tingkat nasional. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba BPTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi:

 

Berikut langkah-langkah mekanisme registrasi:

1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.

3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SMP secara akurat dan benar.

5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah dan surat izin orang tua pada laman pendaftaran.

 

Adapun Jadwal Pelaksanaan OSN SMP tahun 2024 meliputi:

1 Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP tahun 2024 tanggal Maret 2024

2. Pendaftaran Peserta tanggal 15 Maret – 18 April 2024

3. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-K tanggal 2 s.d. 3 Mei 2024

4. Pelaksanaan OSN-K tanggal 16 s.d. 17 Mei 2024

5. Pengumuman hasil OSN-K Mei 2024

6. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-P tanggal 29 s.d 30 Mei 2024

7. Pelaksanaan OSN-P tanggal 28 s.d. 29 Juni 2024

8. Pengumuman hasil OSN-P Minggu ke-2 Juli 2024

9 Virtual meeting dan penjelasan tes kinerja produksi video mandiri untuk cabang lomba IPS tanggal 19 Juli 2024

10 Pelaksanaan OSN tingkat nasional tanggal 27 Agustus –2 September 2024

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2024-2025. LINK DOWNLOAD DISINI.

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya.


C Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2024-2025

Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2024-2025

Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2024-2034. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

 

Sahabat ainamulayan.com, Dinyatakan dalam Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2024, bahwa OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu tugas strategis pada masa pembangunan jangka menengah tahun 2020-2025 adalah penyiapan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing yang di antaranya dilakukan melalui upaya Manajamen Talenta Nasional (MTN) peserta didik. Dalam upaya ini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melakukan tugas pengembangan potensi talenta peserta didik sejak dini melalui penyelenggaraan berbagai ajang talenta pada berbagai rumpun dan bidang ketalentaan, di antaranya pada rumpun Sains melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan menengah.

 

OSN untuk jenjang SMA tahun 2024 ini diselenggarakan dengan mekanisme kompetisi yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan mekanisme daring untuk seleksi di tingkat daerah. Namun, seiring dengan situasi pandemi yang semakin mengecil, untuk tingkat nasional, OSN direncanakan kembali dalam wujud luring, meskipun untuk jumlah sasaran pesertanya relatif tidak ada perubahan. Mekanisme daring pada seleksi daerah dan mekanisme luring pada tingkat nasional tentu menjadi sesuatu yang baru, penggabungan antara adaptasi pandemi dan model pascapandemi. Sesuatu yang akan sangat menarik bagi peserta didik yang menyukai tantangan dalam kompetisi di bidang sains.

 

Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2024 ini merupakan norma, prosedur, dan kriteria OSN yang dapat menjadi pegangan peserta didik untuk mengikuti OSN dengan baik. Selain itu, Pedoman atau Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2024 ini juga merupakan acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan serta pemangku lainnya untuk ikut serta memastikan para siswa dapat dibimbing dan diantarkan untuk meraih prestasi tinggi di bidang sains.

 

OSN Tahun 2024 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi ”, dengan tagar #berprestasi membangun kolaborasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Mengispirasi. Adapun Tujuan penyelenggaraan OSN aatara lain 1) Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 2) Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3) Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan. 4) Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

 

Adapun Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta kompetisi pada jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMP/MTs Kelas 9 yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (Ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMA Tahun 2024, bahwa bidang lomba dalam kompetisi sains tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah: Matematika; Fisika; Kimia; Informatika/Komputer; Biologi; Astronomi; Ekonomi; Kebumian; Geografi;

 

Apa saja Persyaratan Umum Peserta OSN SMA Tahun 2024 ? Berdasarkan Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2024, terdapat Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Peserta OSN SMA Tahun 2024. Adapun Persyaratan Umum Peserta OSN SMA Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

7. Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

9. Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.

10. Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

11. Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

12. Mampu mengoperasikan komputer

13. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba

 

Sedangan Persyaratan Khusus Peserta OSN SMA Tahun 2024

1. Matematika

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas OSN SMP bidang Matematika, Siswa SMP/MTS kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Matematika yang bernilai baik.

c. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan/ pelatihan nasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti OSN-P.

 

2. Fisika

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Untuk peserta didik SMP/MTs memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Untuk peserta didik SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Fisika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

3. Kimia

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

e. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional tahap ke-2 Bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

4. Informatika/Komputer

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai Matematika yang bernilai baik.

c. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional Bidang Informatika/Komputer yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

5. Biologi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Peserta didik hanya diperbolehkan mengikuti OSN maksimal sebanyak 2 kali.

 

6. Astronomi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX dan peserta didik SMA/ MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris untuk SMA/MA yang bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter umum/spesialis (surat keterangan ini dikumpulkan saat pelaksanaan OSN-P).

f. Mampu melakukan kegiatan praktek di lapangan.

 

7. Ekonomi

a. Peserta didik SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional dalam rangka seleksi kandidat IEO, apabila hendak mengikuti OSN, memulainya sejak OSN jenjang Kabupaten/Kota.

 

8. Kebumian

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan OSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs yang bernilai baik.

c. Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

d. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan dan seleksi tingkat internasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2022 dapat langsung mengikuti OSN-P.

e. Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.

f. Mampu melakukan kegiatan praktek lapangan.

 

9. Geografi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Peserta didik SMP/MTs yang memiliki nilai IPA, IPS atau Matematika dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

c. Peserta didik SMA/MA yang memiliki nilai Matematika atau Fisika, Biologi atau Geografi, dan Bahasa Inggris yang bernilai baik.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Geografi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter umum/spesialis (surat keterangan ini dikumpulkan saat pelaksanaan OSN).

f. Mampu melakukan kegiatan praktek lapangan.


Selengkapnya silahakan download dan baca Petunjuk Teknis - Juknis atau Pedoman OSN SMA Tahun 2024-2025 LINK DOWNLOAD DISINI


Link download Pedoman OSN SD MI Tahun 2024-2025

Link download Pedoman OSN SMP MTs Tahun 2024-2025

Link download Pedoman OSN SMA MA Tahun 2024-2025


Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis - Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD SMP SMA Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya.

 

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter