Latest:

Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023

Juknis atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023


Juknis atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023. Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi asional (Puspresnas) Kemdikbudristek Republik Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Ke-4 Tahun 2023 (LIDM-04/2023). Penyelenggaraan kegiatan LIDM-04/2023 Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemdikbudristek-RI menjalin kemitraan dengan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai tuan rumah.

 

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Ke-4 Tahun 2023 ditujukan secara umum untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa. Tujuan khusus LIDM-04/2023 adalah mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. Sebagaimana pada tahun sebelumnya, LIDM-04/2023 memperlombakan 5 (lima) divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran, yaitu terdiri dari: 1) Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan; 2) Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan; 3) Divisi Video Digital pendidikan; 4) Divisi Poster Digital), dan 5) Divisi Microteaching Digital.

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023 bahwa Perkembangan dunia digital saat ini menunjukkan situasi dimana masyarakat sudah mulai menggunakan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan. Masyarakat menggunakan uang digital (e-money) atau M-Banking untuk aktivitas perekonomian seperti belanja online. Bahkan di era pandemi, masyarakat melakukan pekerjaan di rumah (work from home) memanfaatkan teknologi digital seperti absensi, dokumen digital, dan tandatangan digital. Tak terkecuali bidang pendidikan yang bertransformasi memanfaatkan teknologi digital dalam penyelenggaraan pendidikan maupun pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pendidikan/pembelajaran. Teknologi dalam pendidikan dapat digunakan diantaranya: 1) sebagai alat bantu untuk administrasi sekolah seperti penggunaan sistem informasi manajemen sekolah, dan sebagainya; 2) sebagai alat bantu pembelajaran seperti media pembelajaran atau sarana penyampaian materi, dan lain sebagainya.

 

Pendidikan menjadi kunci untuk membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi agar kehidupannya menjadi optimal. Penerapan inovasi digital pendidikan, inovasi pembelajaran digital, pengembangan video digital dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, pengembangan poster sebagai media/sarana bagai gerakan kepedulian, dan peningkatan pedagogik melalui penerapan teknologi digital merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan agar manusia dapat memahami dan terampil dalam memberdayakan dan mendayagunakan teknologi untuk mendukung setiap pelaksanaan tugasnya.

 

Sejalan dengan hal tersebut di atas, kebijakan nasional Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) mendorong pendidikan dan pembelajaran di semua jenjang pendidikan untuk lebih memberikan perhatian pada pemercepatan pencapaian kompetensi Abad-21 generasi muda bangsa untuk siap bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 dan turut berkontribusi dalam meraih hasil-hasil gemilang tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG’s). Melalui ajang kompetisi talenta nasional Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ke-4 Tahun 2023 (LIDM-04/2023) diharapkan mahasiswa Indonesia berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia berkelanjutan (ESD) melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang di dunia pendidikan. Dengan demikian, LIDM-04/2023 mengusung tema “Literasi digital untuk menumbuhkembangkan talenta pendidikan nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru”.

 

Pada era revolusi industri 4.0 dan di tengah perkembangan masyarakat informasi kini, dunia pendidikan dituntut harus dapat memanfaatkan teknologi digital dengan utuh bahkan harus mampu menyiapkan talenta digitalnya yang mumpuni. Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), sebagai implementasi dari amanat Manajamen Talenta Nasional (MTN), berupaya untuk turut mengembangkan talenta dan prestasi digital mahasiswa Indonesia yang dilaksanakan diantaranya melalui ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM).

 

Dengan semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, ajang LIDM adalah arena bebas dan luas mahasiswa untuk unjuk kabisa dalam berinovasi dan berkreasi memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa melalui pendekatan literasi digital. Ajang LIDM ini juga telah menjadi arena positif bagi mahasiswa untuk menguji kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, membangun kolaborasi dan mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, serta memupuk rasa persatuan dan kebangsaan sebagai generas emas bangsa.

 

Untuk menjamin penyelenggaran LIDM baik di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah hingga ke tingkat nasional dapat berjalan dengan baik maka disusunlah Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023. Semoga para mahasiswa Indonesia dapat mengikuti ajang LIDM ini dengan penuh semangat dan kita dapat menyaksikan talenta-talenta terbaik di bidang digital lahir dan segera akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang handal. Demikian juga dapat menjadi pedoman bagi kampus, dosen, pembina dan para pemangku lainnya untuk bersama mendukung para mahasiswa Indonesia untuk terus berprestasi di bidang digital.

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023, bahwa Persyaratan Umum Peserta

a. Persyaratan Peserta:

i. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD-DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id/.

ii. Peserta adalah mahasiswa program sarjana, sarjana terapan, atau diploma-3 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada perguruan tinggi dan pada laman PD-DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id/ pada seluruh rangkaian tahap-tahap lomba hingga babak final.

iii. Setiap tim terdiri dari 3 – 4 orang mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen aktif ber-NIDN/NIDK/NUP yang terdaftar pada laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD-DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Seorang dosen dapat membimbing paling banyak 5 (lima) tim peserta untuk keseluruhan divisi.

iv. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesuai Panduan LIDM -04/2023

b. Karya yang diikutsertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku – agama – ras – antargolongan), penistaan agama, pelecehan gender, radikalisme dan plagiarisme

c. Untuk setiap karya yang diikutsertakan, peserta wajib mengunggah pernyataan bahwa karya yang diikutsertakan pada LIDM adalah karya asli dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi lain dan LIDM tahun sebelumnya, diketahui oleh Dosen Pendamping dan disetujui oleh Pimpinan Fakultas/Departemen/Jurusan Bidang Kemahasiswaan

Adapun Jadwal Pendaftaran dan pelaksanaan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023, berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023, adalah sebagai berikut.

1 Peluncuran Informasi LIDM-04/2023 10 Maret 2023

2 Sosialisasi LIDM-04/2023 Maret 2023

3 Pendaftaran Perguruan Tinggi Peserta 15 Maret - 11 April 2023

4 Pengiriman Proposal untuk Seleksi Internal Perguruan Tinggi 15 Maret - 11 April 2023

5 Seleksi Internal Perguruan Tinggi 15- Maret - 11 April 2023

6 Pendaftaran dan pengiriman proposal untuk Seleksi Nasional 15 Maret - 12 April 2023

7 Penjurian Babak Seleksi Nasional 12 April - 7 Mei 2023

8 Pengumuman Finalis LIDM-04/2023 9 Mei 2023

9 Penyelesaian Karya Babak Final 9 Mei - 20 Juni 2023

10 Pendaftaran Peserta Babak Final 21 - 27 Juni 2023

11 Pelaksanaan Babak Final LIDM-04/2023 4 - 7 Juli 2023

12 Pengumuman Pemenang dan Penutupan LIDM-04/2023 6 Juli 2023

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.

 

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter