Latest:

Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024

Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024


Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024. Dalam rangka pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kepdirjen Pendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Madrasah Young Reseachers Supercamp Tahun 2024


Pada bagian Pendahuluan Kepdirjen Pendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024 dinyatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025, saat ini pembangunan Indonesia telah memasuki tahap ketiga menuju tahap keempat. Dan tahap pemantapan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan ilmu dan teknologi, menuju tahap mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan pada terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing.

 

Atas dasar itu, maka arah kebijakan harus diarahkan pada penguatan mutu sumber daya manusia dan keunggulan sumber daya alam sebagai ikhtiyar menciptakan tatanan masyarakat mandiri, maju, adil dan makmur. Untuk mewujudkan hal ini, Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting, terutama dalam proses transmisi pengetahuan dan transformasi sosial. Secara historis, madrasah diyakini telah terbukti menjadi salah satu lembaga pendidikan Islam yang tidak anti terhadap kemodernan (Mulyanto, 2019), dan dikenal sebagai pendidikan Islam khas Indonesia yang memiliki respon dan dukungan positif terhadap gagasan demokrasi serta toleransi (Burhanudin dan Jabali, 2007).

 

Mempertimbangkan situasi sosial, ekonomi, budaya, politik dan keagamaan yang dewasa ini jauh lebih kompleks, madrasah pun dituntut tidak lagi sekedar menjawab persoalan internalisasi nilai-nilai Islam dalam konteks negara-bangsa, tetapi juga mempersiapkan generasi muda muslim agar mampu menyesuaikan diri dan memiliki peran di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Supriatna 86 Ratnaningsih, 2017). Mereka adalah bagian dari kelompok masyarakat paling aktif dan kreatif membangun identitas. Mereka memiliki kesempatan lebih untuk dapat berintekasi dan berkomunikasi dengan orang dan ide baru (Smith-Hefner, 2017), sehingga keberadaan mereka diharapkan mampu menjadi kekuatan pendorong perubahan sosial (Saluz, 2009).

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, sangat diperlukan kegiatan pendampingan, bail( berupa pendidikan, pelatihan, maupun pembiasaan dalam tradisi riset dan berkompetisi secara fair, agar tidak terjebak pada model pemikiran, sikap dan perilaku yang instan dan pragmatic. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ruang lebih kepada para peserta didik Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk memaksimalkan potensi dan bakat mereka. Di antaranya melalui kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024". Selain sebagai bentuk implementasi visi Kementerian Agama RI, kegiatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo 2019-2025 yang difokuskan pada peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Dengan pertimbangan di atas, Direktorat Kurikulum Saran Kesiswaan dan Kelembagaan Madrasah (KSKK), menilai perlu untuk melakukan upaya penguatan dan pembiasaan tradisi riset di lingkungan Madrasah. Agar generasi yang lahir dari Madrasah tidak hanya matang secara spiritual, tetapi juga cerdas secara intelektual dan social. Generasi yang selain memiliki kemandirian tinggi, juga prestasi yang membanggakan.

 

Diktum KESATU Kepdirjen Pendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024 (Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024) menyatakan Menetapkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024 sebagaimana tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

 

Diktum KEDUA   Kepdirjenpendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024 menyatakan Petunjuk Teknis sebagaimana dimaksud dalam DIKTUM KESATU merupakan panduan bagi para peserta Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024.

 

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024. ini adalah sebagai berikut: 1) Memberikan peluang kepada peserta didik madrasah untuk menggali dan mengembangkan gagasan, kemampuan dan kreatifitasnya dalam hal penelitian; 2) Meningkatkan kemampuan dasar penelitian, berpikir logis dan analitis, serta keterampilan berkomunikasi dan menulis karya ilmiah; 3) Menghasilkan kebaruan pada level peserta didik madrasah melalui bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; 4) Meningkatkan integritas, kepercayaan diri, kepedulian, serta kemampuan bekerjasama dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang melingkupi kehidupan sehari-hari; 5) Meningkatkan budaya riset di kalangan peserta didik madrasah;

 

Dinyatakan dalam Kepdirjen Pendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Reseachers Supercamp Tahun 2024 bahwa Bentuk dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan, menyeleksi, membimbing, hingga menentukan pemenang "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024" tingkat nasional untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Adapun tahapannya adalah sebagai berikut;

1.  Persiapan

Kegiatan ini berupa penyiapan dokumen petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024".

2.  Sosialisasi

Kegiatan ini merupakan bentuk diseminasi program dan berbagai tahapan kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024".

3.  Pendaftaran

Kegiatan ini merupakan tahap di mana seluruh siswa MA dan MTs di seluruh Indonesia akan mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024".

4.  Seleksi

Setelah sosialisasi dan pendaftaran, tahapan kegiatan selanjutnya adalah seleksi administrasi dan proposal.

5.  Presentasi Proposal

Peserta terpilih dari seleksi proposal akan mempresentasikan prop° salnya.

6.  Pelaksanaan Penelitian dan Bimbingan

Kegiatan ini berupa pelaksanaan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan pembimbingan. Peserta pada tahap ini adalah yang terpilih dari tahap presentasi proposal.

7.  Presentasi Hasil Penelitian

Setelah melaksanakan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan bimbingan, para peserta akan mempresentasikan hasil/laporan. penelitian.

8.  Grand Final, Expo Hasil Penelitian dan Apresiasi

Kegiatan ini merupakan tahap akhir rangkaian kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024". Pada tahap ini grand finalis melakukan presentasi, pameran hasil penelitian. Sebagai puncak dari kegiatan ini adalah pemberian apresiasi terhadap para pemenang MYRES tingkat MA dan MTs.

 

Menurut Kepdirjen Pendis Nomor 1561 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024 (Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024), Kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2024 ini memiliki tagline "Mencetak Generasi Literate, Menyongsong Indonesia Emas 2045". Adapun materi atau bidang-bidang yang dikompetisikan adalah sebagai berikut:

1. Bidang Kompetisi Keagamaan Islam, yakni terkait pada teks dan perilaku keagamaan serta pembelajaran. Sub bidang kompetisi: 1) Al Qur'an dan Tafsir; 2) Hadits; 3) Akidah Akhlak; 4) Fiqih-Usuhul Fiqh; 5) Sejarah Kebudayaan Islam; 6) Integrasi Keilmuan Islam

 

2. Sosial-Humaniora, yakni terkait kajian         fundamental dan/atau terapan terkait ilmu-ilmu sosial dan humaniora, atau kajian terhadap fenomena sosial- kemasyarakatan yang mengarah pada menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan hidup dan kesimbangan kehidupan. Sub bidang kompetisi: 1) Ekonomi; 2) Sosiologi, Politik dan Kewarganegaraan; 3) Antropologi dan Sejarah; 4) . Psikologi; 5) Pendidikan; 6) Geografi; 7) Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya

         

3. Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi yakni penelitian yang meliputi kemampuan pengemban     menyelesaikan dan permasalahan yang Teknologi          terkait dengan ilmu (MST) matematika, eksplorasi alam semesta, modifikasi, inovasi dan teknologi, atau aplikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan manusia. Sub bidang kompetisi: 1) Matematika; 2)          Biologi; 3) Farmasi dan Kesehatan; 4) Fisika dan Kebumian; 5) Kimia; 6) Teknologi

 

Kapan Jadwal pendaftaran Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024? Berdasarkan Jadwal dan Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024, Kegiatan "Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024" ini dilaksanakan pada Tahun 2024 dengan rincian waktu pelaksanaan sebagaimana terlampir.

1   Pendaftaran Unggah Proposal Penelitian 20 Maret -19 Mei 2024

2   Pengumuman Hasil Penilaian proposal    29 Mei 2024

3   Presentasi Proposal Penelitian         8-11 Juni 2024

4   Pengumuman Hasil Presentasi Proposal 16 Juni 2024

5   Pembimbingan dan Pelaksanaan Penelitian      23 Juni - 3 Agustus 2024

6   Pengumpulan Hasil Penelitian 8G Draf Artikel   4-6 Agustus 2024

7   Presentasi Hasil Penelitian      11-13 Agustus

8   Pengumuman Hasil Presentasi Penelitian         20 Agustus 2024

9   Grand Final dan Presentasi Hasil dan MYRES EXPO         3 - 7 September 2024

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana bersama dengan tim yang ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah. Oleh Karena itu, seluruh pelaksanaan kegiatan ini berada di bawah koordinasi dan tanggung jawab Direktorat KSKK Madrasah.

 

Adapun persayaratan peserta Kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1) Persyaratan Peserta

(a) Warga Negara Indonesia

(b) Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII, VIII dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, XI, pada tahun pelajaran 2024/2025

(c) Peserta bisa perseorangan maupun kelompok (maksimal dua orang) yang terdiri dari ketua dan satu anggota. Penelitian yang dilakukan berkelompok harus berasal dari madrasah yang sama

(d) Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 judul/proposal penelitian dan memilih satu bidang

(e) Setiap Madrasah hanya dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) proposal untuk setiap bidang

(f) Peserta belum pernah menjadi juara 1 MYRES pada bidang dan jenjang yang sama;

(g) Peserta melampirkan surat pernyataan keaslian karya, belum pernah atau tidak sedang mengikuti lomba/kompetisi penelitian lainnya dan belum pernah atau tidak sedang dalam proses penerbitan

(h) Peserta melampirkan Surat Pengantar Kepala Madrasah

(i)  Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah seluruh dokumen persyaratan

(j)  Apabila peserta tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

(k) Setiap peserta berhak didampingi oleh pembimbing.

2) Persyaratan Pembimbing

(a) Pembimbing adalah guru atau tutor yang membantu siswa dalam melaksanakan penelitian dan penulisan, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Madrasah (lihat Lampiran).

(b) Pembimbing bertanggung jawab membimbing siswa selama masa penelitian pada topik yang sesuai dengan kompetensinya.

(c) Setiap judul penelitian dibimbing oleh maksimal 2 orang pembimbing.

 

Tata cara Pendaftaran

Pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian

(a) Peserta mengisi e-formulir pendaftaran

(b)   Peserta mengisi e-proposal

(c)   Peserta mengunggah proposal dan dokumen kelengkapan

(d)   Poin 1,2, clan. 3 dilakukan pada laman: https://madrasah.kemenag.go.id/ myres2024 selambat-lambatnya tanggal 19 Mei 2024

 

Tahap Penilaian Proposal

1) Penilaian proposal penelitian

Tim Juni melakukan penilaian proposal dan memilih 120 proposal terbaik per-bidang dan per-jenjang (MTs dan MA) sebagai semifinalis untuk masuk ke tahap selanjutnya.

2) Presentasi proposal penelitian:

(a)   Menyiapkan materi presentasi

(b)   Mempersentasikan proposal secara online

(c)   Waktu presentasi dilakukan selama 5 (lima) menit

(d)   Tidak ada sesi tanya jawab

(e)   Tim juri akan menetapkan 120 proposal terbaik per jenjang dan per bidang.

3) Seleksi dilaksanakan dalam bentuk seleksi administrasi dan proposal.

 

Tahap Pelaksanaan Penelitian

1) Para peserta melakukan proses penelitian; mulai dari pencarian data, pengolahan data, dan penulisan laporan. Tahap ini akan dimulai pada 23 Juni - 3 Agustus 2024.

2) Presentasi laporan penelitian

(a) Peserta harus mengunggah laporan penelitian dan draft artikel publikasi pada : https://madrasah.kemenag.go.id/myres2024 .

(b) Peserta yang tidak mengunggah laporan penelitian dan draf artikel publikasi dinyatakan gugur.

(c) Peserta yang telah mendapatkan sertifikat kekayaan intelektual dapat pula diunggah pada laman tersebut di atas.

(d) Tim juri menetapkan 30 (tiga puluh) peserta terbaik perjenjang per bidang sebagai Grand Finalis.

 

Aspek Penilaian

Aspek-aspek yang dinilai pada kompetisi MYRES ini adalah sebagai berikut:

1) Penilaian proposal penelitian

(a) Orisinalitas (keaslian) gagasan

(b) Kreativitas dan kekinian

(c) Relevansi teori dan kajian pustaka yang digunakan

(d) Metode penelitian

(e) Kebermanfaatan

(f)  Koherensi dan Teknik penulisan

2) Penilaian presentasi semifinal

(a) Konten, desain, dan sistematika materi

(b) Kemampuan presentasi: percaya diri, etika presentasi, penguasaan materi, dan efektifitas presentasi

3) Penilaian laporan penelitian

(a) Orisinalitas (keaslian) gagasan

(b) Kekayaan Intelektual (paten, hak cipta, merk, indikasi geografis, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu/ DTLST)

(c) Kreatifitas dan kekinian

(d) Relevansi teori dan kajian pustaka yang digunakan

(e) Metode penelitian

(f)  Kebermanfaatan

(g) Pemaparan hasil dan pembahasan

(h) Koherensi dan Teknik penulisan

4) Penilaian presentasi Final

(a) Konten, desain, dan sistematika materi

(b) Kemampuan presentasi: percaya diri, etika presentasi, penguasaan materi, dan efektivitas presentasi

(c) Kemampuan menjawab pertanyaan dan berargumentasi

5) Penilaian Poster dan Video

(a) Poster: isi, desain, gambar atau foto, dan ketersampaian pesan.

(b) Video: kualitas dan kreativitas

f) Grand Final 86 MYRES Expo 2024

1)  Grand Final dan Expo akan dilaksanakan secara luring dengan ketentuan bahwa penyelenggara hanya membiayai 1 orang peserta/judul. Apabila peserta adalah kelompok (2 Orang) 1 orang peserta biaya mandiri.

2)  Peserta menyiapkan video terkait proses dan hasil penelitian, serta materi presentasi dan materi expo.

3)  Peserta mengunggah link video dan materi presentasi pada laman https:/ madrasah.kemenag.go.id/ mures2024

4)  Peserta melakukan presentasi selama 10 menit, dilanjutkan sesi tanya jawab maksimal 10 menit.

5)  Peserta melakukan pameran poster.

6)  Tim Jun menentukan pemenang MYRES 2024.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Jadwal dan Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024. LINK DOWNLOOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Jadwal dan Petunjuk Teknis – Juknis Pelaksanaan MYRES Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter