Latest:

Juknis Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023

Juknis Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023


Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023. Lomba  Video  Edukasi  merupakan  salah  satu  lomba  dalam  rangkaian  kegiatan  Anugerah Kihajar Tahun 2023. Lomba ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.


Berdasarkan Juknis Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023, berikut ini persyaratan peserta lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023

1. Peserta  adalah  siswa  yang  masih  aktif  di  SMA/SMK  di  wilayah  Daerah  Istimewa Yogyakarta.

2. Peserta  lomba  adalah  kelompok,  dengan  setiap  kelompok  terdiri  atas  3  personil: Sutradara, Editor dan Penulis Naskah. Terdaftar dalam form pendaftaran adalah 3 (tiga) personil,  namun  dalam  proses  produksi  video  dipersilahkan  melibatkan  personil  lebih banyak sesuai dengan kebutuhan.

3. Seluruh anggota kelompok adalah siswa dan berasal dari sekolah yang sama.

4. Peserta mewakili sekolah, sehingga pengiriman peserta dikoordinir oleh sekolah. Siswa yang  berminat  dapat  menghubungi  sekolah  masing-masing  untuk  dapat  difasilitasi mengikuti lomba ini.

5. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu kelompok, dengan jumlah maksimal 3 kelompok per sekolah.

6. Setiap kelompok wajib menyertakan 1 orang guru sebagai pendamping.

7. Setiap kelompok peserta mengirimkan hanya 1 (satu) karya video edukasi.

8. Karya  yang  dikirimkan  merupakan  karya  baru  yang  belum  pernah  menjadi  juara  pada lomba serupa di tempat lain.


 

Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023

Berdasarkan Juknis Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023, berikut ini tata cara pendaftaran lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023

1.  Calon peserta mendaftarkan diri melalui laman Balai Tekkomdik di www.btkp-diy.or.id atau btkp-diy.or.id/kihajar

2.  Periode pendaftaran dan pengiriman karya dari tanggal  19  Juni s.d. 15 Juli 2023

3.  Calon peserta akan dikonfirmasi pendaftarannya oleh Panitia.

4.  Video bisa dipilih diantara tema berikut ini : “1. Pendidikan untuk semua, 2. Pendidikan Budaya Jogja Era Milenial, 3. TIK untuk pembelajaran menyenangkan. 4. Menjadi Keren Bersama Jogja Belajar, 5. Bijak Bersosial Media”,  

5.  Proses  produksi  dan  editing  video  dapat  menggunakan  peralatan/perlengkapan  dan software apa pun sesuai dengan kemampuan.

6.  Spesifikasi Video dengan ketentuan sebagai berikut :

a.  Karya video merupakan video/film fiksi (bukan dokumenter).

b.  Total durasi video (termasuk opening & credit title) minimal adalah 5 (lima) menit, dan durasi maksimal video adalah 10 (sepuluh) menit

c.  Awal video  mencantumkan  Logo  Balai  Tekkomdik  DIY  (dapat  didownload  di https://bit.ly/logobtkp)

d.  Pada bagian akhir video (credit title) dituliskan nama Tim, asal sekolah dan nama masing-masing personil beserta tugas masing-masing dalam tim.

e.  Format video .mp4  , resolusi  Full HD 1920x1080 pixel, 25 fps

f.  Video tidak mengandung SARA dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku

g.  Video yang dikirimkan merupakan karya asli pribadi/kelompok dan peserta wajib bertanggungjawab penuh terhadap karya yang dikirimkan.

h.  Peserta memastikan tidak menggunakan unsur karya orang lain (No Copyright). Jika terdapat  unsur  penggunaan  karya  orang  lain  (video/music/dll),  peserta  wajib mencantumkan  surat  pernyataan  tertulis  dari  pemilik  asli.  Disarankan  untuk  bisa berkreasi  sendiri  atau  menggunakan  karya  orang  lain  yang  bebas  dipergunakan (free)

7.  Wajib  melampirkan  surat  keterangan  keaslian  hasil  karya  yang  ditanda  tangani  oleh Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah atau Kasubag TU.

8.  Video yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam rangka kegiatan di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY dengan tetap memberikan hak ciptanya pada kreator.

9.  Karya  peserta  wajib  mengirimkan  hasil  karya  melalui  www.jbmedia.jogjabelajar.org, dengan isi:

a.  Naskah Video, dengan ketentuan sebagai berikut :

Sinopsis video, dalam format doc/docx atau pdf, dengan diberi sampul Judul dan komposisi tim produksi (3 personil).

Halaman 1: halaman cover (Judul dan nama Tim),

Halaman 2: Tim Produksi, dilengkapi dengan NIP/NUPTK (jika ada), TTL dan nomer telepon/handphone,

Halaman 3.: Sinopsis.

Halaman 4 dst : Full Scrip/Naskah

b.  Karya Video

10. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai video yang  dikirmkan  apabila  terjadi  penuntutan  kepemilikan/hak  cipta  atas sebagian/seluruh bagian video yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai apapun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.

11. Panitia berhak mendiskualifikasi video peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.

12. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas karya video yang dikirim.

13. Lomba terdiri dari 2 (dua) babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final.

14. Babak Penyisihan dilaksanakan untuk memilih 10 karya terbaik sebagai peserta Babak Final.  Babak  Penyisihan  dilakukan  dengan  menilai  karya  yang  dikirimkan  saat pendaftaran.

15. Babak  Final  Lomba  akan  dilaksanakan  pada  tanggal  29  Juli  2023,  jadwal  lomba  akan disampaikan kemudian melalui Surat Undangan.

16. Pada Babak Final, peserta mempresentasikan karya videonya dilanjutkan dengan tanya jawab bersama Tim Juri.

17. Surat  Undangan  Lomba  beserta  Petunjuk  Teknis  Babak  Final  akan  dikirimkan  kepada setiap sekolah peserta lomba.

18. Peserta  hadir  tepat  waktu  sesuai  jadwal  lomba  yang  akan  disampaikan  melalui  surat tersebut  diatas  dengan  memakai  seragam  sekolah  (guru  pendamping  berpakaian  rapi dan sopan).

19. Kriteria penilaian:

a.  Kesesuaian dengan tema,

b.  Kreativitas dan originalitas,

c.  Keindahan/estetika,

d.  Pemilihan judul,

e.  Jumlah Like di JB Media

20. Penilaian dilaksanakan oleh Tim Juri yang berkompeten di bidangnya.

21. Penilaian dilaksanakan untuk menentukan Juara 1, 2 dan 3.

22. Para Juara akan mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023.



 

Link download DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Video Edukasi Untuk Siswa SMA/SMK DI Yogyakarta Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter