Latest:

Buku Saku Indikator Prioritas Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2024

Buku Saku Indikator Prioritas Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2024


Buku Saku Indikator Prioritas Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2024 ini disusun dengan tujuan membantu pemerintah daerah dan UPT mendampingi pemerintah daerah dalam melakukan proses identifikasi refleksi dan benahi dalam rangka menyusun perencanaan daerah. Dalam buku saku ini berisi tentang penjelasan Indikator Prioritas SPM tahun 2024, dilengkapi dengan petunjuk  kode sub kegiatan, nomenklatur sub kegiatan, kinerja sub kegiatan, deskripsi kegiatan dan contoh operasionalisasi kegiatan.

 

Sebagaimana diketahui Standar Pelayanan Minimal Pendidikan yang selanjutnya disebut SPM Pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap Peserta Didik secara minimal.

 

SPM Pendidikan bertujuan untuk memberikan panduan kepada Pemerintah Daerah dalam pemenuhan kebutuhan dasar Peserta Didik sesuai dengan jenjang dan jalur Pendidikan.  SPM Pendidikan ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip:  kesesuaian kewenangan;  ketersediaan;  keterjangkauan;  kesinambungan;  keterukuran; dan  ketepatan sasaran.   

 

Kesesuaian kewenangan diterapkan sesuai dengan kewenangan daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota menurut pembagian urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar.  Ketersediaan ditetapkan dan diterapkan dalam rangka menjamin tersedianya barang dan/atau jasa kebutuhan dasar yang berhak diperoleh oleh setiap warga negara secara minimal. Keterjangkauan ditetapkan dan diterapkan dalam rangka menjamin barang dan/atau jasa kebutuhan dasar yang mudah diperoleh oleh setiap warga negara. Kesinambungan ditetapkan dan diterapkan untuk memberikan jaminan tersedianya barang dan/atau jasa kebutuhan dasar warga negara secara terus-menerus.

 

Keterukuran ditetapkan dan diterapkan dengan barang dan/atau jasa yang terukur untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara. Ketepatan sasaran ditetapkan dan diterapkan untuk pemenuhan barang dan/atau jasa kebutuhan dasar yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal dan pemenuhan oleh Pemerintah Daerah ditujukan kepada warga negara dengan memprioritaskan bagi keluarga miskin atau tidak mampu.

 

Ruang lingkup Peraturan Menteri tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) mengatur terkait Jenis dan penerima Pelayanan Dasar; Mutu Pelayanan Dasar; pencapaian SPM Pendidikan; dan pelaporan dan evaluasi.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Saku Indikator Prioritas Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2024. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Buku Saku Indikator Prioritas Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter