Latest:

Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka

Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka



Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka terdapat dalam buku Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Panduan ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam implementasi asesmen dan penyusunan laporan hasil belajar di satuan PAUD yang melaksanakan Kurikulum Merdeka. Pendidik diharapkan mempelajari serangkaian panduan lintas jenjang terkait pembelajaran dan asesmen, kurikulum operasional satuan pendidikan, dan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk menguatkan pemahaman dalam mengimplementasikan Panduan Laporan Hasil Belajar ini.

 

Asesmen merupakan bagian yang tidak terpisah dari pembelajaran. Pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang dan digunakan untuk merefleksikan efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Pendidik perlu senantiasa menyelaraskan tujuan, proses pembelajaran, dan asesmen. Hasil dari asesmen diharapkan digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih baik dan memberikan pemaknaan diri dan pengalaman belajar yang positif bagi peserta didik. Peserta didik juga seyogyanya menjadi fokus utama dalam pembelajaran dan asesmen. Dengan kata lain, pembelajaran dan asesmen perlu senantiasa berpusat pada peserta didik.

 

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia terkait Standar Proses Nomor 16 Tahun 2022 dan Standar Penilaian Nomor 21 Tahun 2022, serta prinsip pembelajaran dan asesmen yang tercantum pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan asesmen yang efektif dan efisien sehingga mampu mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Berdasarkan regulasi-regulasi tersebut, panduan lebih lanjut disusun untuk menguatkan terlaksananya pembelajaran dan asesmen yang berpusat dan berpihak pada peserta didik di satuan PAUD.

 

Panduan (Juknis) Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka (buku Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini) ini merupakan pelengkap dari Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah. Panduan ini menjelaskan tentang gambaran asesmen formatif dan sumatif di PAUD, langkah-langkah penyusunan, dan referensi-referensi yang dapat digunakan dalam penulisan laporan hasil belajar di PAUD. Panduan ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, panduan ini akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pijakan pertama anak di dunia pendidikan, sekaligus pengalaman pertama anak mengalami proses pembelajaran yang lebih terstruktur. Pijakan ini akan menentukan kesan pertama anak terhadap belajar, dirinya sebagai peserta didik sehingga pengalaman belajar dirinya perlu sangat menyenangkan dan penuh makna. Pembelajaran dan asesmen merupakan rangkaian proses yang terpadu. Asesmen digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan menguatkan pemaknaan belajar, serta memberikan umpan balik pada peserta didik sehingga kualitas pembelajaran yang dialami peserta didik terus meningkat dan membantu memberikan pengalaman belajar yang positif.

 

Pendidik dalam implikasinya diharapkan memahami bahwa pada tiap tahapan usia dan bahkan dalam kelompok usia yang sama, masing-masing peserta didik memiliki kebutuhan tersendiri dalam belajar dan mengeksplorasi lingkungannya. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dipertimbangkan pemberian respon dan asesmen yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik. Selain itu, pendidik diharapkan memilih kegiatan asesmen yang berorientasi pada kebutuhan belajar peserta didik dengan membandingkan perkembangan dirinya dari masa sebelum diberikan pembelajaran dengan masa setelah diberikan pembelajaran, dan bukan melakukan perbandingan antarpeserta didik.

 

Panduan ini disusun untuk menjadi referensi pendidik dalam menerapkan asesmen dan menyusun laporan hasil belajar yang sesuai dengan hal-hal yang diharapkan tersebut.Laporan hasil belajar dapat dimaknai sebagai dokumentasi hasil pembelajaran peserta didik di satuan PAUD. Hasil pembelajaran tersebut tercermin melalui informasi tentang kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di PAUD dalam periode waktu tertentu. Laporan hasil belajar PAUD memuat laporan pencapaian pembelajaran, gambaran hasil pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan informasi tumbuh kembang peserta didik. Pengisian laporan ini membutuhkan data yang otentik dan memadai, serta pengolahan dan analisis data yang cermat. Selaras dengan kekhasan PAUD yang berpijak pada kemitraan erat antara satuan pendidikan dengan orang tua/wali, laporan hasil belajar di PAUD juga diharapkan mengakomodasi pengisian informasi oleh orang tua/wali untuk berbagi data terkait kemajuan belajar peserta didik di rumah. Hal ini diharapkan menjadi sarana untuk menguatkan kerja sama dengan orang tua/wali dalam memfasilitasi perkembangan belajar anak usia dini.

 

Buku Format Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka dan Petnjuk Teknis (Juknis) Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka ini merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang bertujuan memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil belajar. Lebih luasnya panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi proses berpikir pendidik dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan asesmen di PAUD. Panduan dimulai dari: 1) pemahaman tentang komponen yang perlu ada di dalam laporan hasil belajar; 2) prinsip asesmen serta contoh pelaksanaan asesmen di PAUD yang disusun berdasarkan kekhasan pembelajaran di PAUD; 3) perancangan dan pelaksanaan asesmen yang merupakan mekanisme untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan di dalam laporan; dan 4) pelaporan hasil belajar.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Panduan Laporan Hasil Belajar? Panduan laporan hasil belajar ini perlu dibaca bersama dengan dokumen panduan-panduan lain, yaitu: 1) Panduan Pembelajaran dan Asesmen; 2) Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan; dan 3) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Seluruh panduan tersebut perlu dibaca dan dipahami karena mempunyai peran saling melengkapi. Panduan tersebut juga perlu digunakan bersama-sama agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Format Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka dan Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka (buku Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini). LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Format Rapor TK PAUD Kurikulum Merdeka dan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan Penyusunan dan Pengisian Rapor TK PAUD Kurikulum MerdekSemoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter