Latest:

Cara Alami Mengetahui Adanya Atau Datangnya Gempa Bumi

Cara Alami Mengetahui Adanya Atau Datangnya Gempa Bumi
Bagaimana Cara Alami Mengetahui Adanya Atau Datangnya Gempa Bumi ? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui adanya atau datangnya gempa bumi. Cara mengetahui adanya atau datangnya gempa bumi ada yang bersifat alami serta dapat terdeteksi menggunakan teknologi.

Cara Alami Mengetahui Adanya Atau Datangnya Gempa Bumi
Memang tidak ada cara yang sudah teruji untuk memprediksi gempa bumi. Ahli geologi sedang mengembangkan sistem peringatan dini, tetapi masih banyak hal yang patut dipelajari mengenai tanda-tanda sebelum datangnya gempa. Sebagian dari permasalahannya adalah gempa bumi tidak selalu datang dengan cara yang konsisten—beberapa tanda muncul di waktu-waktu yang berbeda (beberapa hari, minggu, atau detik sebelum kejadian), sedangkan tanda-tanda tersebut terkadang tidak terjadi sama sekali. Bacalah terus untuk mempelajari tanda-tanda gempa bumi, dan cara untuk bersiap-siap ketika terjadi gempa.

1. Perhatikan laporan-laporan adanya “cahaya gempa bumi” (earthquake light).Beberapa hari, atau bahkan beberapa detik sebelum terjadinya gempa, orang-orang telah melihat adanya cahaya aneh di tanah atau melayang di udara. Meskipun mereka tidak terlalu paham, cahaya gempa bumi bisa dipancarkan dari bebatuan yang berada di bawah tekanan ekstrem.

Cahaya gempa bumi tidak dilaporkan sebelum gempa bumi di semua tempat terjadi, dan waktunya pun tidak pernah konsisten. Akan tetapi, jika Anda mendengar tentang cahaya aneh atau membicarakan tentang UFO di daerah Anda, bersiap-siaplah untuk menghadapi gempa bumi dan pastikan peralatan darurat untuk bertahan hidup sudah tersedia.

Cahaya gempa bumi diamati sebagai api pendek berwarna biru yang muncul dari dalam tanah, seperti obor cahaya yang mengambang ke udara, atau garpu cahaya besar yang terlihat seperti petir melesat dari dalam tanah ke udara.

2. Amatilah perubahan perilaku hewan-hewan yang tidak biasa. Ada laporan yang mengatakan bahwa hewan-hewan, dari kodok, lebah, burung, sampai beruang, meninggalkan habitat atau tempat kawin mereka sebelum gempa bumi terjadi. Tidak ada yang paham mengapa hewan-hewan bisa merasakan kejadian yang baru akan terjadi, mungkin karena adanya perubahan dalam medan listrik atau merasa adanya getaran kecil yang tidak bisa dirasakan manusia. Meskipun begitu, memperhatikan perilaku yang aneh pada peliharaan Anda bisa memberikan pertanda bahwa sesuatu akan terjadi

Ayam akan berhenti bertelur sesaat sebelum gempa bumi terjadi. Jika Anda menyadari bahwa ayam betina berhenti bertelur tanpa alasan yang jelas, pastikan Anda dan keluarga mengetahui apa yang harus dilakukan untuk berjaga-jaga adanya gempa bumi.

Ikan lele akan mengamuk jika ada perubahan dalam medan listrik, yang bisa muncul sebelum gempa bumi terjadi. Jika Anda sedang memancing dan melihat banyak ikan lele tiba-tiba mengamuk, gempa bumi mungkin akan terjadi. Carilah tempat aman untuk berlindung yang terjauh dari pohon atau jembatan yang bisa menimpa Anda.

Anjing, kucing, dan hewan lainnya bisa merasakan gempa bumi beberapa detik sebelum gempa bisa terdeteksi oleh manusia. Jika peliharaan Anda terlihat gugup dan panik, ketakutan pada hal yang tidak jelas dan bersembunyi, atau jika anjing Anda yang biasanya tenang mulai menggigit dan menggonggong, sebaiknya Anda mulai mencari tempat untuk berlindung dari gempa.

3.  Perhatikan kemungkinan adanya foreshock (gempa kecil yang terjadi sebelum gempa “utama”). Meskipun foreshock tidak selalu terjadi sebelum gempa bumi, dan tidak mungkin kita bisa membedakan gempa mana yang merupakan gempa utama sampai gempa itu terjadi, gempa bumi biasanya terjadi dalam beberapa klaster. Jika Anda mengalami satu atau beberapa gempa kecil, gempa bumi yang lebih besar akan segera terjadi.

Karena kita tidak bisa memperkirakan lama gempa bumi berlangsung atau besarannya, ambillah tindakan yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari reruntuhan tergantung tempat Anda berada (di dalam ruangan, luar ruangan, atau di dalam mobil Anda) saat tanah mulai terasa bergetar.


Berikut cara menggunakan HP sebagai alat pendeteksi gempa bumi:

1. Buka Browser di HP Kamu
Caranya buka aplikasi Google Chrome. Kalau belum punya kamu bisa download dulu

2. Buka URL Ini:
Kamu bisa kunjungi URL http://ctrlq.org/earthquakes/seismograph.html lewat browser pada HP kamu untuk mengecek aktifitas seismic yang ada.

3. Letakkan HP atau Tablet Kamu di Tempat Datar
Agar tidak termodifikasi dengan getaran di tangan kamu, kamu bisa letakkan smartphone atau tablet kamu di meja atau lantai yang datar. Hal ini guna melihat aktifitas gempa yang ada. Karena semakin keras guncangannya, maka grafik seismograf akan semakin naik turun.

Kamu bisa menggunakan HP sebagai seismograf karena mobile device yang baru diproduksi kebanyakan memiliki built-in accelerometer dan gyroscope yang akan memetakan gerakanmu ke browser. Jika kamu menggunakan Google Chrome di desktop, kamu bisa mengaktifkan opsi Accelerator di bawah Sensor dalam Chrome Dev Tools untuk mensimulasikan guncangan seismic yang ada. Demikian informasi tentang Cara Alami Mengetahui Adanya Atau Datangnya Gempa Bumi. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter