Latest:

Cara Agar Lulus SNBT Untuk Persiapan Agar Lulus SNBT Tahun 2024/2025

Cara Agar Lulus SNBT Untuk Persiapan Agar Lulus SNBT Tahun 2024/2025
CARA AGAR LULUS (LOLOS) SNBT
Pelaksanaan SNBT tahun 2024/2025 yang akan datang memang masih lama, tetapi bagi siswa SMA SMK yang ingin diterima di Perguruan Tinggi Favorit tentunya harus mempersiapkan diri dengan belajar secara bersungguh-sungguh. Selain itu, Adik-adik juga harus mengetahui Cara Agar Lulus SNBT. Mudah-mudahan Adik-adik yang membaca tulisan ini dapat lulus pada SNBT 2024/2025 yang akan datang.

Berikut beberapa cara Agar Lulus SNBT, adik-adik perlu memahami cara-cara ini agar lolos dalam SNBT 2024/2025 yang akan datang. Berikut caranya.

Cara pertama agar lulus SNBT pehatikan Nilai Rapot. SNBT menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai Adik-adik minimal stabil dan cenderung naik tiap semesternya. Nilai rapot yang digunakan untuk seleksi adalah nilai rapor semester 1 sampai 5 (kelas 12 semester 1). Namun perlu diingat bahwa nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kamu akan lolos SNBT.

Cara Kedua agar lulus SNBT pehatikan PT atau Universitas yang akan kamu pilih.  Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan jumlah pendaftar SNBT terbanyak. Untuk memperbesar peluang lulus SNBT sebaiknya kamu tidak memilih universitas-universitas tersebut di SNBT karena akan memperkecil peluang untuk lolos.


Cara Ketiga agar lulus SNBT pehatikan Jumlah Peminat dan Daya Tampung PT pilihan kamu. Dalam pemilihan Prodi di SNBT usahakan kamu melihat  jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kamu bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di laman SNBT. Agar bisa lulus usahakan kamu bisa memilik jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit. Tetapi itu jangan dipaksakan jika Prodi tersebut tidak sesuai dengan minat kamu, bisa jadi setelah jadi sarjana nanti jadi pengangguran.

Cara Keempat agar lulus SNBT pehatikan Prestasi yang kamu miliki. Saat pendaftaran SNBT kamu bisa memasukan maksimal 3 piagam. Jika kamu memiliki lebih dari 3 saya sarankan untuk memasukan yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat kota, nasional atau internasional. Bagi kamu yang tidak memiliki penghargaan atas prestasi jangan berkecil hati karena tak sedikit yang lulus SNBT walaupun mereka tidak menyertakan / memasukan prestasi.

Cara Kelima agar lulus SNBT pehatikan Alumni Sekolah kamu kebanyakan mendaftar ke PT / Universitas mana? Pengalaman membuktikan bahwa apabila lulusan SMA XXX pada tahun-tahun sebelumnya banyak siswa yang diterima di PT / Universitas YYY. Begitupula pada tahun berikutnya.

Cara Keenam agar lulus SNBT perhatikan Persaingan di Tingkat Sekolah. Dalam satu sekolah mungkin akan ada ratusan orang yang mengikuti SNBT, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama. Sekarang pertanyaanya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima dengan pilihan yang sama? Hal itu bisa terjadi namun kemungkinanya cukup kecil. Sebagai contoh, di sekolah saya ada 72 siswa yang diterima SNBT, hanya 4 orang yang sukses masuk dengan pilihan yang sama, 2 orang di jurusan A dan 2 orang di jurusan B. Tips dari saya jika kamu ingin memilih prodi usahakan di sekolah hanya kamu yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar saya sarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kamu akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah. Tetapi itu jangan dipaksakan jika Prodi tersebut tidak sesuai dengan minat kamu, bisa jadi setelah jadi sarjana nanti jadi pengangguran.

Cara Ketujuh agar lulus SNBT perhatikan Hasil Simulasi SNBT. Sebelum SNBT resmi dibuka banyak situs-situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba/simulasi SNBT. Jika kamu mengikutinya, kamu akan diminta memasukan nilai rapot dan pilihan jurusan. Setelah itu mereka akan mengumumkan hasil simulasi tersebut. Hasil simulasi dari mereka setidaknya dapat dijadikan salah satu acuan dalam menentukan pilihanmu agar lulus SNBT.






= Baca Juga =



1 comment:

  1. Bagaimana untuk siswa SMK ?, persaingannya sudah pasti bukan tingkat sekolah saja, tapi juga tingkat kelas. Karna dalam satu kelas jurusan saja, sudah pasti memilih saat mendaftar SNMPTN, akan memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan di SMK. Karna untuk SMK, memang demikian persyaratan dan ketentuannya. Dalam satu kelas jurusan saya saja ( Rekayasa Perangkat Lunak), ada 36 siswa. Dan untuk jurusan yg sama, di sekolah saya ada 2 kelas. Praktis saya harus menghadapi persaingan tingkat kelas utk jurusan yg sama. Bagaimana ?, semakin kecil saja peluang sy untuk diterima di SNMPTN

    ReplyDelete



































Free site counter