Latest:

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA SECARA ALAMI TANPA OBAT-OBATAN

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA SECARA ALAMI TANPA OBAT-OBATAN
Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Tanpa Obat-Obatan. Bagimana Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Tanpa Obat-Obatan, yu baca kutipan artikel berikut ini. Bagi anda yang sangat sering menghabiskan waktu anda di depan komputer atau gadget milik anda sangat penting sekali untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan mata anda. Untuk sebagian orang menatap layar monitor dalam waktu yang lama dapat menimbulkan lelah, perih dimata hingga pusing. Dan jika anda termasuk dalam orang kategori ini, maka menjaga kesehatan mata anda adalah prioritas paling utama. Meskipun saat ini anda belum memiliki masalah dengan mata anda alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak awal. Karena untuk menjaga kesehatan tak perlu kita menunggu sakit terlebih dahulu.


A. Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan olahraga mata. Berikut adalah olahraga mata yang dapat anda lakukan setiap hari :

1. Memutar Bola mata
Memutar bola mata berlawanan dan searah dengan jarum jam, kemuadian ulangi lagi setiap 30 menit sekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meregangkan pikiran dan mata anda yang tegang, apalagi bila anda bekerja dan duduk di depan layar komputer atau saat anda belajar dalam waktu yang cukup lama.

2. Tutup Mata dengan Telapak Tangan
Tutup mata anda, kemudian tutup lagi dengan kedua telapak tangan anda, ingat jangan terlalu rapat agar mata anda tidak tertekan saat ditutup. Hal ini dilakukan untuk membuat mata anda menjadi rileks, dan harus diingat badan anda juga harus rileks

3. Fokus dengan Objek Lain
Bila mata anda sudah sangat lelah, dianjurkan untuk melihat objek lain disekitar anda selama kurang lebih setengah menit. Cobalah untuk memperbaiki fokus mata anda, berkediplah dengan cepat beberapa kali. Lalu pandanglah objek yang dekat dengan anda selama kurang lebih 15 detik, dan berkediplah lagi dengan cepat secara beberapa kali. Ulangi lagi beberapa kali agar mata anda menjadi rileks.

4. Memandang Objek Hijau
Cara lain mengobati mata lelah bila ada pepohonan di sekitar ruangan anda adalah lihatlah keluar ruangan anda, lihatlah warna hijau pepohonan disekitar ruangan anda. Lakukan hal ini selama 2 - 3 menit setiap 2-3 jam saat anda terus menerus menatap layar monitor. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak terus menerus menatap warna yang terlalu cerah sehingga membuat mata lelah dan kepala pusing. Dengan melakukan hal ini akan memberikan visual yang lebih rileks dan sejuk di mata anda.

B. Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Makanan . Berikut adalah makanan yang  dapat membantu menjaga kesehatan mata secara umum dan melindungi mata dari banyak masalah yang bisa mengganggu indera penglihatan ini, seperti katarak, rabun, dan lain sebagainya.

1) Salmon
Seperti yang sudah diketahui, salmon kaya akan asam lemak omge-3 yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Selain itu, salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.

2) Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

3) Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.

4) Kale
Kale mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin: resep sempurna untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan.

5) Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.
]
6) Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.

7. Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8. Buah Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi.
Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula. Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

9. Wortel
Seperti telah diketahui, buah dan sayuran yang berwarna orange adalah baik untuk mata. Adalah beta-carotene, salah satu tipe vitamin A yang memberi warna orange pada wortel, membantu untuk retina dan bagian lain pada mata agar berufngsi dengan baik.

10. Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium dan vitamin E, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.


C. Hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan Cara Menjaga Kesehatan Mata.  Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda atau mata buah hati:

1. Periksa mata anak secara rutin
Periksakan si kecil ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mata anak Anda tetap sehat, atau untuk mendeteksi adanya masalah pada mata si kecil lebih dini, seperti ambylopia, hyperopia, atau miopi (mata minus). Semakin cepat masalah terdeteksi, maka semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan.

2. Beri anak nutrisi untuk kesehatan mata
Biasakan anak Anda untuk makan sayur dan buah-buahan, seperti wortel, tomat, stroberi, dan lain-lain. Hal ini untuk memastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein. Makanan seperti ikan salmon, udang, ikan tuna, dan ikan patin juga baik untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

3. Pakaikan topi atau kacamata hitam saat anak bermain di luar
Lindungi mata anak Anda dari sinar UV yang bisa merusak penglihatan, terutama jika mata anak Anda berwarna terang. Anda dapat melindungi mata anak Anda dengan memakaikan kacamata hitam atau topi saat beraktivitas di siang hari yang terik.

4. Dorong anak untuk bermain di luar rumah
Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya rabun dekat atau miopi karena anak Anda terlalu sering bermain di dalam ruangan. Namun Anda harus ingat untuk tetap melindungi mata anak Anda dari sinar UV.

5. Merangsang indra penglihatan
Seiring dengan perkembangan mata anak sejak bayi hingga sekitar usia 8 tahun, penting bagi Anda untuk membantu merangsang perkembangan visualnya, di antaranya dengan mainan dengan bermacam warna, mimik wajah, puzzle, blok susun, dan lainnya.

6. Beri contoh yang baik
Orang tua sering kali melarang anak untuk menonton TV terlalu dekat, menggunakan gadget terlalu sering. Orang tua juga pasti selalu menganjurkan anak makan sayur atau buah-buahan, dan pakai kacamata untuk melindungi mata dari sinar UV. Namun, semua anjuran dan larangan tersebut akan lebih mudah dilakukan oleh anak-anak jika sebagai orang tua, Anda juga memberikan contoh yang nyata kepada mereka. Anak-anak adalah masa di mana mereka memiliki kemampuan terbaik dalam mencontoh perilaku orang-orang di sekitarnya.

7. Makan banyak buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. 

8. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

9. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

10. Gunakan mentimun 
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

11. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

12. Hindari duduk terlalu lama di depan compute
Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah. 

13. Kenakan kacamata di saat yang tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

14. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

15. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

16. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya. 

Demikian info Cara Menjaga Kesehatan Mata. Jangan terlambat mencegah lebih baik dari pada mengobati.






= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter