Latest:

JUKNIS LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI) SMA TAHUN 2019/2020

Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019/2020

Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019/2020. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) merupakan lomba debat tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai bakat dan minat dalam debat untuk memilih peserta yang terbaik. Peserta didik-peserta didik tersebut akan difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan argumentasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

Kompetensi yang dibutuhkan sebagai kompetensi generasi muda masa depan adalah  kemampuan  berkomunikasi, kemampuan  berpikir  jernih  dan  kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral  suatu  permasalahan,  kemampuan menjadi  warga  negara  yang  efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat luas mengenai hidup, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi peserta didik, dalam hal ini peserta didik SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui  bakat/minat,  antara  lain  adalah  dengan  melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019/2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal  13-18 Agustus  2019 di Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk melatih peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Buku Panduan atau Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019/2020 ini disusun dengan maksud memberikan gambaran operasional  pelaksanaan  kegiatan,  sehingga  dapat  digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2019.

Bagi yang guru atau siswa SMA yang tertarik dengan Lomba Festival Inovasi san Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMA Tahun 2019, silahkan baca selengkapnya Pedoman atau Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019 / 2020 -----disini-----

Demikian informasi tentang panduan atau Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2019/2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 


No comments:

Post a Comment



































Free site counter