Latest:

Cara Cek Kartu BPJS Kesehatan (KIS) Aktif atau Tidak

CARA CEK KARTU BPJS KESEHATAN (KIS)
Cara Cek / mengecek Kartu BPJS Kesehatanatau Kartu Indonesia Sehat (KIS)masih aktif atau tidak itu sangat gampang, sehingga Anda tak usah merasa bingung ketika ingin mengetahui status BPJS  (KIS) Anda. Rasa ingin tahu apakah BPJS aktif atau tidak biasanya muncul kalau kita ingin berobat atau ketika teman-teman baru membuat kartu BPJS Kesehatan (KIS).


Untuk peserta BPJS Kesehatan yang baru mendaftar, kartu BPJS Kesehatan akan aktif 14 hari sejak pembayaran pertama. Jadi menurut aturan, Anda tidak bisa langsung menikmati manfaat BPJS Kesehatan (KIS)  sebelum 14 hari kepesertaan.

Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak bisa Anda lakukan melalui 2 cara, yaitu dengan SMS dan telefon. Gunanya mengecek BPJS aktif atau tidak yaitu untuk memastikan kartu BPJS bisa digunakan untuk berobat.

Mengecek aktifasi ini hanya jika kita lupa kapan terakhir bayar iuran, karena pada prinsipnya ketika peserta telat bayar iuran maka kepesertaannya akan otomatis non aktif. Kartu BPJS bisa diaktifkan kembali setelah peserta membayar seluruh tunggakannya

Berikut ini cara cek BPJS / Kartu Indonesia Sehat (KIS) aktif atau tidak, baik untuk peserta baru maupun lama.

1. Cek status aktifasi BPJS atau cara cek BPJS (KIS) dengan sms gateway
Cara mengecek status kepesertaan BPJS menggunakan sms gateway adalah sebagai berikut:

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : NOKA  0001260979209
Kirim ke      : 087775500400
atau

NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh       : NIP 1962061119880001009
Kirim ke      : 087775500400

atau

NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (no KTP)
Contoh       : NIK 357303030987
Kirim ke      : 087775500400

2. Cara cek BPJS Kartu Indonesia Sehat (KIS)melalui Telefon call center BPJS
Selain melalui SMS gateway, Anda juga bisa cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui telefon call center BPJS nomor 1500400. Nomor tersebut merupakan nomor resmi BPJS Kesehatan. Pada saat Anda mengecek kartu BPJS aktif atau tidak, admin akan menanyakan nomor kartu BPJS, tanggal lahir dan nama lengkap Anda. Jadi sebaiknya Anda siapkan data-data yang akan ditanyakan petugas, agar status BPJS Anda nanti bisa langsung dicek.

CARA CEK KARTU BPJS KESEHATAN (KIS) AKTIF ATAU TIDAK


Anda bisa mencoba salah satu atau kedua cara cek kartu BPJS Kesehatan aktif atau tidaknya, jika SMS error, terlambat atau bahkan tidak ada balasan, itu disebabkan karena padatnya SMS yang masuk ke sistem BPJS Kesehatan. Anda bisa coba lagi atau menggunakan cara yang kedua.

3. Cara cek BPJS / Kartu Indonesia Sehat (KIS)Melalui Fasilitas BPJS Online
Yang berikutnya adalah menggunakan fasilitas cek kepesertaan yang disediakan secara onlie di situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, caranya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan gunakan link (bpjs checking)

b. Anda akan diminta untuk memasukan Nomor Kartu BPJS anda dan tanggal lahir anda, seperti ilustarasi gambar di bawah ini:

Anda akan mendapatkan informasi tentang tunggakan, dan lain sebagainya, jika anda sudah bisa mengakses data anda maka anda sudah terdaftar dan jika anda mendapatkan informasi tunggakan berarti dapat dipastikan kartu bpjs anda dalam keadaan nonaktif.

Sayangnya fasilitas ini kadang tidak berjalan, bisa jadi dikarenakan padatnya transaksi atau sistem dalam keadaan sedang di maintenance, jika tidak jalan, anda bisa gunakan alternatif lainnya seperti yang diuraikan diatas.

4. Cara cek BPJS / Kartu Indonesia Sehat (KIS)melalui Aplikasi Google Play Store (disini Anda juga bisa Cetak Kartu BPJS atau KIS.
Selain bisa untuk cek tagihan bpjs ternyata aplikasi BPJS kesehatan di HP Android bisa untuk cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri dengan mudah dan cepat.

Cara Cek dan  Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan (KIS) Sendiri


Cara yang akan saya jelaskan berikut ini mungkin akan sedikit bermanfaat bagi anda yang daftar secara online tetapi tidak bisa print e-id melalui link yang dikirim via email seperti yang saya alami, walaupun saya pribadi akhirnya lebih memilih untuk langsung cetak kartu bpjs bukan e-id karena dulu belum tahu kalau kita bisa cetak e-id sendiri dari aplikasi tersebut.

Untuk bisa mencetak sendiri kartu e-id bpjs anda harus menginstall aplikasi bpjs kesehatan di HP Android yang bisa diunduh dari GooglePlay Store berikut ini kemudian daftar.

Cara Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan Sendiri
Sebagai informasi, kartu e-id yang didapatkan dari aplikasi bpjs kesehatan mobile ini nantinya akan dikirim melalui email dalam format pdf sebagai lampiran jadi anda perlu mengunduhknya kemudian buka dengan aplikasi pdf lalu print.
Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan sederhana berikut ini.
Buka aplikasi BPJS Kesehatan mobile.
Kemudian pilih menu Ubah Data Kepesertaan.
Pilih peserta bpjs kesehatan mandiri yang ingin dicetak kartu e-idnya.
Pilih ikon email lalu akan muncul pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda? pilih YA. 
Periksa email yang anda gunakan untuk daftar ke aplikasi bpjs lalu cari email dengan judul Kartu e-ID BPJS Kesehatan lalu unduh file lampiranya. 
Setelah didownload anda buka lalu print, atau jika tidak punya printer sendiri maka anda bisa copy file itu ke usb lalu bawa ke rental komputer.

Berikut ini adalah gambar e-id yang dalam format pdf yang bisa anda cetak sendiri setelah kita lakukan langkah diatas.

Cara Cek dan  Cetak Kartu E-ID BPJS Kesehatan (KIS) Sendiri


Seperti terlihat pada langkah-langkah yang saya jelaskan diatas ternyata cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri itu tidak sulit dan ini mungkin bisa menjadi solusi bagi yang kartunya hilang atau rusak atau mungkin untuk keperluan setelah melahirkan pakai bpjs karena untuk bayi baru lahir yang dicetak bukan berupa kartu bpjs (KIS) tapi e-id seperti diatas.
Catatan : agar anda tidak mengalami kendala sebaiknya pastikan menginstall aplikasi bpjs mobile yang dibuat resmi oleh pihak bpjs dengan tampilan seperti diatas, bukan aplikasi lain.
Selain itu pastikan anda sudah terdaftar ke bpjs tentunya dan sudah membayar iuran pertama agar kepesertaan anda maupun keluarga sudah aktif sebelum mencetak e-id.
Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada kendala sebaiknya langsung tanyakan ke pihak bpjs melalui akun twitter maupun facebook resminya, karena saya bukan petugas bpjs dan hanya menunjukan cara mencetak saja dengan kondisi kepesertaan sudah aktif. 


Demikian semoga informasi cara cek BPJS Kartu Indonesia Sehat (KIS)  ini bermanfaat. Silakan bagikan!



= Baca Juga =



21 comments:

  1. saya coba cek online kok dak bisa ya...

    tanks infonya...

    ReplyDelete
  2. Sy udh download aplikasi tapi setiap registrasi jawabanya nik tidak sesuai dng kepesertaan bpjs kesehatan, tlg infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang NIK saat pendaftaran berbeda dengan NIK yang sekarang. Coba login dengan NIK saat pendaftaran atau gunakan NIK yang terdapat pada Kartu BPJS. Jika tidak diketemukan juga, Anda harus memperbaharui dengan mendatangi kantor BPJS setempat

      Delete
    2. Cara cek aktif ga nya kartu kis dr pemerintah

      Delete
    3. Cara cek kartu kis aktif dan ga nya

      Delete
  3. Pusat Belanja Rak Minimarket
    Duta Rak Merupakan pusat belanja rak online dengan transaksi yang aman dan terpercaya. Produk dan pelayanan kami merupakan solusi kebutuhan perabot Usaha Retail, Kantor, Industri dan Pergudangan. Kami menyediakan Rak Minimarket, Rak Supermarket, Rak Hypermarket, Convenience Store, maupun Wholesale. Selain Rak Market, kami juga menyediakan bermacam Meja Kasir, Rak Buah, Rak Bakery , Troli , Aksesoris , keranjang, Jolly Box, dan Rak Gudang ukuran ready ataupun Custom. Duta Rak menggunakan sistem knock-down yang presisi dan mudah dirangkai, struktur modular yang memudahkan baik untuk pengaturan denah maupun untuk penambahan komponen bila dibutuhkan. Produk kami memiliki standar ukuran yang bervariasi, dan aksesoris yang lengkap sebagai penunjang presentasi produk. Kenapa memilih kami ? Finishing Coating Powder, Pengiriman Cepat, Kemasan Terjamin, Gratis Desain Layout, Bebas Konsultasi.
    Hubungi segera kami di Jl. Raya Serang KM 24 Kec. Balaraja Barat Kabupaten Tangerang
    Get a quote: 081213-3040-75
    http://www.dutarak.com/
    http://jualrakshelving.blogspot.co.id/
    https://rakshelving.wixsite.com/rakgudangminimarket

    ReplyDelete
  4. mau daftar bpjs kesehatan mandiri lewat online kok susah bangettt

    ReplyDelete
  5. Kok dia bilang tanggal lahir nya tidak sesuai ya min .. tolong infonya min

    ReplyDelete
  6. Kok dia bilang tanggal nya ga sesuai ya min .. padahal sama ..

    ReplyDelete
  7. ahhh,,,,aplikasi yang sangat buruuuuuuuuuuuuuk,,,,parrrraaaaah

    ReplyDelete
  8. entah kenapa aplikasi ini serba sulit,,, tambah no kpj aj gak bisa,,,parah banget dah ni aplikasi,,, mungkin yg bikin aplikasi lg galau

    ReplyDelete
  9. Gak bisa cek yh .. apa blm terdaftar

    ReplyDelete
  10. Gak bisa login yah . Apa blm terdaftar / blm aktif

    ReplyDelete
  11. Kalo aktifin lagi kis dr perusahaan tp udh resign pindh k mandiri gmn ya..?trs byar tunggakan apa mulai dr skrg..

    ReplyDelete
  12. Tgl lahir tidak sesuai atu salah.
    Salah ngetik kali....

    ReplyDelete
  13. Kenapa pas mau masuk jkn mobile jwbnya tgl lahir tidak sesuai mulu ,pdahal aq udh tulis sesuai yg tertera dikartu kis & yg dikartu jg udh sesuai tgl lahir ku , 😔

    ReplyDelete
  14. Kis dr pemerintah ada jht apa tidak...

    ReplyDelete



































Free site counter