Latest:

Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)


Dalam Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dinyatakan bahwa Masa adaptasi kebiasaan barudiartikan sebagai perubahan perilaku untuk tetap menjalankanaktivitas normal. Dalam kaitannya dengan situasi pandemik COVID-19, masa adaptasi kebiasaan baru dapat didefinisikan sebagai suatu tatanan baru yang memungkinkan masyarakat hidup “berdampingan” dengan COVID-19, yakni masyarakat dapat melakukan kegiatan seperti biasa namun dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada (menerapkan pola hidup bersih sehat, menjaga jarak dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan lainnya) untuk menghindari penularan dan penyebaran virus. Yang menjadi indikator kunci adalah kapasitas pengujian laboratorium yang memadai dan memiliki strategi pengujian yang jelas untuk mengidentifikasi kasus secara andal.

 

Pelayanan kesehatan sebagai sektor yang paling terdampak oleh situasi pandemik ini juga harus bersiap untuk menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Rumah Sakit harus mulai memikirkan langkah yang akan diambil untuk tetap merawat pasien COVID-19 namun di saat bersamaan juga memberikan pelayanan kepada pasien umum dengan risiko penularan seminimal mungkin, sehingga disebut sebagai balancing act.

 

Adapun tujuan umum disusunnya Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini adalah sebagai acuan bagi pemilik dan pengelola Rumah Sakit dalam menyesuaikan kembali layanan Rumah Sakit dalam masa adaptasi kebiasaan baru pandemik COVID-19 yang harus diterapkan agar layanan dapat diberikan dengan aman.

 

Tujuan Khusus Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah sebagai berikut.

·          Panduan Teknis ini dibuat sebagai acuan bagi Penyelenggara (Pemilik dan Pengelola) Rumah Sakit dalam mempersiapkan manejemen layanan yang sesuai standar protocol kesehatan nasional dan mendukung produktivitas kerja namun tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dengan pencegahan dan pengendalian transmisi COVID-19 sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan Rumah Sakit dan sumber daya manusia di Rumah Sakit.

 

·          Panduan Teknis ini dibuat sebagai acuan bagi Tim PPI di Rumah Sakit dalam meningkatkan mutu layanan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di masa adaptasi kebiasaan baru pandemik COVID-19.

 

·          Panduan Teknis ini dibuat sebagai acuan bagi Pemberi layanan kesehatan di Rumah Sakit dalam melakukan layanan kepada masyarakat sesuai dengan standar protokol kesehatan nasional agar pemberi layanan terjamin keselamatannya.

 

·          Panduan Teknis ini dibuat sebagai acuan bagi Pasien, petugas dan pengunjung rumah sakit yang membutuhkan layanan dan kepentingan lainnya di Rumah Sakit agar dapat mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di Rumah Sakit untuk meminimalisir terpapar COVID-19.

 

Adapun sasaran dari Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah semua Rumah Sakit milik Pemerintah Pusat, Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah dan Rumah Sakit Swasta, serta stakeholder layanan Rumah Sakit.

 

Ruang lingkup Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini adalah membahas mengenai: Pengaturan Alur Layanan, Pembagian Zona Risiko Penularan COVID-19, Penerapan PPI dalam masa adaptasi kebiasaan baru. Pengembangan Sistem Inovasi Pelayanan Kesehatan, dan Penguatan Rujukan di masa adaptasi kebiasaan baru.

 

Selengkapnya silahkan download Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ---disini

 

Demikian informasi tentang Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



No comments:

Post a Comment



































Free site counter