Latest:

Juknis Lomba SDGs Desa Tahun 2024

Juknis Lomba SDGs Desa Tahun 2024


Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024. Latar Belakang diadakan Lomba SDGs Desa Tahun 2024 adalah bahwa Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di dalam salah satu pasalnya menyatakan tentang SDGs Desa yang menjadi arah kebijakan Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Sebagai upaya terpadu Pembangunan Desa untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, SDGs Desa mempunyai tujuan untuk mewujudkan a. Desa tanpa kemiskinan; b. Desa tanpa kelaparan; c. Desa sehat dan sejahtera; d. pendidikan Desa berkualitas; e. keterlibatan perempuan Desa; f. Desa layak air bersih dan sanitasi; g. Desa berenergi bersih dan terbarukan; h. pertumbuhan ekonomi Desa merata; i. infrastruktur dan inovasi Desa sesuai kebutuhan; j. Desa tanpa kesenjangan; k. kawasan permukiman Desa aman dan nyaman; l. konsumsi dan produksi Desa sadar lingkungan; m. Desa tanggap perubahan iklim; n. Desa peduli lingkungan laut; o. Desa peduli lingkungan darat; p. Desa damai berkeadilan; q. kemitraan untuk Pembangunan Desa; dan r. kelembagaan Desa dinamis dan budaya Desa adaptif.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024, Tujuan SDGs Desa yang terdiri dari 18 (delapan belas) sebagaimana tersebut di atas, diprioritaskan berdasarkan kondisi objektif Desa yang tergambarkan pada Sistem Informasi Desa, yang selanjutnya menjadi pedoman bagi pemerintah Desa, BPD dan masyarakat Desa dalam menentukan arah kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa, serta program dan/atau kegiatan prioritas Pembangunan Desa. Dalam rangka mendorong Desa melakukan perencanaan pembangunan Desa berbasis pendataan SDGs Desa, maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada tahun 2024 melakukan kegiatan Lomba SDGs Desa, yang melibatkan semua Desa di Indonesia dengan seleksi dan kriteria penilaian berdasarkan pada hasil pendataan SDGs Desa.

 

Tujuan dari diselenggarakannya lomba SDGs Desa menurut Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024 adalah memberi apresiasi kepada Desa yang telah menunjukkan upaya untuk mendukung capaian SDGs Desa melalui Pendataan SDGs Desa.Adapun Sasaran lomba SDGs Desa adalah Desa-desa di seluruh wilayah Indinesia yang telah melakukan pendataan SDGs Desa.

 

Output dari lomba SDGs Desa adalah terpilihnya beberapa Desa yang masuk dalam kriteria pemilihan pemenang dalam beberapa tingkatan, yaitu:

a. Pemenang lomba tingkatan Goals (sejumlah 3 Desa dalam masing-masing Goals) dalam 7 region (Sumatera, Jawa-Bali, NTT-NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara, Papua-Papua Barat)

b. Pemenang lomba SDGs Desa tingkat Regional (3 juara untuk tiap region)

c. Pemenang Nasional (tiga pemenang)

 

Selanjutnya dinyatakian dalam Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024 bahwa Lomba SDGs Desa yang menggunakan dasar penilaian hasil pengolahan pendataan SDGs Desa, diharapkan memberikan outcome sebagai berikut:

a. Terjadinya peningkatan upaya percepatan capaian SDGs Desa bagi Desa-desa

b. Meningkatkan semangat dan memotivasi desa untuk melakukan pemutakhiran data SDGs Desa dan memanfaatannya untuk menyusun perencanaan pembangunan Desa.

Tahapan Lomba SDGs Desa Tahun 2024adalah sebagai berikut

1. Pengumuman Lomba

a. Pengumuman lomba dilakukan melalui media cetak, media elektronik dan Tim Sapa Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

b. Pengumuman akan disampaikan pada bulan Maret 2024 kepada semua Desa, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Provinsi.

2. Pemutakhiran Data

Pemutakhiran Data SDGs Desa bertujuan untuk melakukan update data SDGs Desa yang sudah di input sebelumnya. Batas akhir pemutakhiran data SDGs Desa untuk kegiatan Lomba SDGs Desa adalah pada 30 Mei 2024 pk. 23.59 WIB.

3. Pembuatan Petunjuk Teknis Lomba SDGs Desa

Petunjuk Teknis Lomba SDGs Desa disusun sebagai acuan bagi penyelenggara dan pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan lomba SDGs Desa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam lomba SDGs Desa.

4. Penarikan Data

Penarikan Data SDGs Desa adalah proses awal seleksi peserta lomba SDGs Desa yang dilakukan oleh Tim pengolah data, berdasarkan hasil pemutakhiran data SDGs Desa. Data yang telah dimutakhirkan akan ditarik pada tanggal 31 Mei 2024.

5. Penilaian

Penilaian lomba SDGs Desa akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan, yaitu pada bulan Juni 2024.

a. Dasar Penilaian

Penilaian untuk penentuan pemenang lomba SDGs Desa adalah sebagai berikut:

1) Desa - Desa dengan semua nilai goals SDGs Desa terisi dan tertinggi (pendataan harus 100% penduduk sudah terisi)

2) Desa - Desa dengan nilai SDGs Desa tertinggi pada masing-masing goals (nilai > 90%)

3) Jika terdapat beberapa Desa dengan nilai tertinggi yang sama, maka akan diseleksi atau dilihat berdasarkan:

a) Kondisi kewargaan

Kondisi kewargaan adalah proporsi jumlah penduduk dengan yang berhasil didata. Semakin besar jumlah penduduk maka dianggap usaha yang dibutuhkan lebih besar sehingga yang dipilih atau yang mendapatkan peringkat lebih tinggi adalah desa yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak.

b) Kondisi kewilayahan

Kondisi kewilayahan adalah luas wilayah. Semakin luas wilayah maka usaha yang dibutuhkan lebih besar

 

4) Goals yang dinilai pada SDGs Desa adalah sebagai berikut:

Goals 1: Desa tanpa kemiskinan

Goals 2: Desa tanpa kelaparan

Goals 3: Desa sehat dan sejahtera

Goals 4: Pendidikan desa berkualitas

Goals 5: Keterlibatan perempuan desa  

Goals 6: Desa layak air bersih dan sanitasi

Goals 7: Desa berenergi bersih dan terbarukan

Goals 8: Pertumbuhan ekonomi desa merata

Goals 9: Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan

Goals 10: Desa tanpa kesenjangan :

Goals 11: Kawasan permukiman desa aman dan nyaman

Goals12 : Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan

Goals13 : Desa tanggap perubahan iklim

Goals14 : Desa peduli lingkungan laut

Goals15 : Desa peduli lingkungan darat

Goals16 : Desa damai berkeadilan

Goals17: Kemitraan untuk pembangunandesa

Goals18 : Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024.  LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis Penyelenggaraan Lomba SDGs Desa Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya

 

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter