Latest:

Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah

Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024


Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah ini sangatlah diperlukan di era disrupsi ini, arus informasi yang membawa akidah dan aliran pemahaman agama dari berbagai sumber di satu sisi ada dampak positifnya namun di sisi lain juga dapat menyesatkan. Maka penguatan moderasi beragama menjadi hal penting dan urgen untuk dilakukan bagi generasi mendatang.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi di era global mengalami perubahan yang sangat cepat dan sulit diprediksi. Maka Penguatan Moderasi Beragama di Madrasah harus dapat mengantisipasi cepatnya perubahan tersebut di samping menjalankan mandat mewariskan budaya-karakter bangsa dan nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Dengan demikian, generasi muda akan memiliki kepribadian, berkarakter kuat dan tidak tercerabut dari akar budaya bangsa namun tetap bisa menjadi aktor di zamannya.

 

Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024 ini dibuat untuk membekali pemahaman keagamaan yang komprehensif dan moderat, juga memandu proses internalisasi nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Panduan Moderasi Beragama di Madrasah ini diharapkan mampu menjadi acuan cara berfikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari, yang selanjutnya mampu ditransformasikan pada kehidupan sosial-masyarakat dalam konteks berbangsa dan bernegara. Pemahaman Islam yang moderat dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kurikulum di madrasah tidak boleh lepas dari konteks kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila, berkonstitusi UUD 1945 dalam kerangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Eka. Guru sebagai ujung tombak implementasi kurikulum harus mampu mengejawantahkan prinsip tersebut dalam proses pembelajaran dan interaksi pendidikan di lingkungan madrasah.


Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024 ini adalah dokumen hidup, sebagai dokumen hidup memiliki fleksibilitas, memungkinkan disempurnakan sesuai tuntutan zaman dan implementasinya akan terus berkembang melalui kreatifitas dan inovasi para guru. Jika ditemukan kekurangan mohon diklarifikasi kepada Direktorat KSKK Madrasah untuk disempurnakan.

 

Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024 ini ini dimaksudkan sebagai acuan bagi madrasah dan pihak terkait lainnya dalam menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama kepada warga madrasah di Indonesia. Adapun tujuan dari panduan ini adalah sebagai berikut: 1) Memperkuat implementasi moderasi beragama di madrasah; 2) Memperkuat internalisasi moderasi beragama dalam proses pembelajaran di madrasah; 3) Memperkuat karakter siswa dalam moderasi beragama; 4) Menjadi landasan bagi penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama kepada warga madrasah di Indonesia; 5) Menjadi landasan dalam peningkatan pengetahuan warga madrasah terhadap prinsip-prinsip moderasi beragama; 6) Menjadi landasan dalam memperkuat karakter dan pemahaman keberagamaan yang moderat bagi warga madrasah di Indonesia; 7) Menjadi landasan dalam pembinaan berkelanjutan dan memperkuat sikap keberagamaan dalam konteks Ke-Indonesia-an pada kalangan warga madrasah di Indonesia; 8) Menjadi landasan untuk menjamin efektifitas, efisiensi, ketepatan sasaran, dan kebermanfaatan penanaman dan penguatan moderasi beragama di madrasah agar sesuai dengan visi misi pendidikan Islam dan pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sasaran pengguana dari Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024 ini terbagi menjadi 2 (dua) aspek, yaitu aspek individual dan aspek kelompok. Aspek individual, yaitu seluruh kegiatan yang diikuti oleh siswa dan warga madrasah secara perorangan. Sedangkan aspek kelompok adalah kegiatan yang diikuti oleh siswa dan warga madrasah secara berkelompok. Adapun Ruang lingkup Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024 ini meliputi; pendahuluan, konsep dasar, implementasi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024. LINK DOWNLOAD DISINI..


Demikian informasi tentang Buku Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment



































Free site counter