Latest:

Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan

Download Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan pdf


Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan ini disusun dalam rangka memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai enam kemampuan fondasi yang dapat dibina melalui pembelajaran di PAUD dan SD Kelas Awal. Peserta didik sepatutnya menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Usaha untuk menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Hal ini dapat dimulai dengan memastikan bahwa peserta didik yang mengikuti pembelajaran di jenjang pendidikan awal telah mengembangkan kemampuan fondasi yang akan menjadi bekal untuk belajar dan beradaptasi di masa yang akan datang. Dalam kaitannya dengan pembelajaran yang berpusat dan berpihak pada peserta didik, perlu adanya panduan bagi pendidik pada tingkat satuan pendidikan dalam pengembangan enam kemampuan fondasi.

 

Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan ini merupakan dokumen yang berisi penjelasan mengenai nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang tertuang di dalam enam aspek kemampuan fondasi. Enam aspek kemampuan fondasi ini perlu dipahami sebagai jembatan yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama: memastikan peserta didik PAUD dapat melanjutkan prosesnya untuk memiliki kemampuan fondasi; dan fungsi kedua: memastikan peserta didik di jenjang pendidikan dasar yang tidak pernah melalui PAUD, tetap mendapatkan haknya untuk dibina agar memiliki kemampuan fondasi. Enam aspek kemampuan fondasi ini bukanlah Capaian Pembelajaran ataupun Kompetensi Dasar, melainkan nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat dibangun pada setiap peserta didik melalui struktur kurikulum PAUD dan SD. Redaksi dari kemampuan fondasi juga disusun dengan menggunakan kalimat sederhana agar dapat dengan cepat dipahami oleh guru PAUD dan guru di jenjang pendidikan dasar kelas awal. Enam aspek kemampuan fondasi ini dapat dimaknai sebagai sebuah tema yang dapat dibangun melalui struktur kurikulum PAUD dan pendidikan dasar kelas awal, ataupun pembiasaan di satuan pendidikan.

 

Harapannya panduan ini dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam membina kemampuan fondasi dengan menggunakan struktur kurikulum PAUD dan pendidikan dasar kelas awal, baik untuk satuan pendidikan yang sudah menggunakan Kurikulum Kurikulum Merdeka, maupun masih menggunakan Kurikulum 2013. Pembinaan kemampuan dilakukan dengan mengikuti struktur kompetensi/mata pelajaran yang digunakan di PAUD dan SD, serta dilaporkan di dalam laporan hasil belajar dengan mengikuti struktur kompetensi/mata pelajaran yang digunakan di PAUD dan SD.

 

Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

 

Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan ini menjelaskan Aspek Perkembangan yang Dibangun; Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak; Nilai, Pengetahuan, serta Keterampilan yang Dibangun yang oelu dikembangan pada setiap kemampuan fondasi. Sebagaimana diketahui Enam kemampuan fondasi perlu dipahami sebagai kemampuan yang perlu dibina melalui pembelajaran di PAUD dan SD Kelas Awal, dan dirancang dalam kalimat sederhana. Pembinaan kemampuan dilakukan dengan mengikuti struktur kompetensi/mata pelajaran yang digunakan di PAUD dan SD, serta dilaporkan di dalam laporan hasil belajar dengan mengikuti struktur kompetensi/mata pelajaran yang digunakan di PAUD dan SD.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan. LINK DOWNLOADDISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter