Latest:

Pedoman Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Bagi Mahasiswa

Pedoman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024


Pedoman Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Bagi Mahasiswa. Salah satu momen yang tepat untuk mendiseminasi informasi mengenai program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka adalah Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Melalui PKKMB, mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Dinyatakan dalam Pedoman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024 bahwa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah merupakan Kegiatan pengenalan Tri dharma Perguruan Tinggi dan untuk peningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air serta kegiatan kokurikuler maupun ekstrakurikuler untuk mempercepat adaptasi mahasiswa baru dengan Iingkungan kampusnya.

Transformasi dari Siswa menjadi mahasiswa adalah perubahan fase kehidupan manusia usia remaja menjadi dewasa yang memiliki jati diri sebagai manusia seutuhnya yang berkarakter tangguh yang dibentuk melalui pendidikan tinggi. Menurut UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi bahwa pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk meningkatkan daya swing bangsa daiam menghadapi globalisasi di segala bidang.

Sesuai refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa segala bentuk kebutuhan metode belajar siswa yang berbeda-beda yang berorientasi pada anak (Student Centered Leaming/SCL) harus bisa difasilitasi termasuk memberikan kebebasan untuk mengembangkan ide, berpikir kreatif, mengembangkan bakat minatnya secara bebas (merdeka belajar) namun tetap terarah di bawah bimbingan pendidik. Refleksi tersebut yang mendasari transformasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memerdekakan pendidikan untuk meningkatkan budaya pembeiajaran dan inovasi, yang bisa memantik growth-mindset generasi penerus bangsa.

Seiring dengan hal tersebut maka dikeluarkan Permendikbud No.3 tahun 2020 tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi yang memfasilitasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Dengan kebijakan MBKM telah mengubah perguruan tinggi menjadi adaptif untuk mereorientasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan kebutuhan global, serta disesuaikan dengan karakteristik yang lazim di Indonesia. Mahasiswa memiliki fleksibititas dalam menuntut ilmu, jam kegiatan baik secara tatap muka perkuliahan maupun kegiatan lainnya seperti magang, study independent, wirausaha, mengajar di desa, praktisi mengajar, pertukaran mahasiswa clan lain sebagainya dapat

MBKM telah beriangsung selama hampir 3 (tiga) tahun dan telah terimplementasi dengan baik serta memberikan dampak positif yang sangat luar biasa terhadap mahasiswa itu sendiri maupun terhadap perguruan tinggi. Anima mahasiswa ber-MBKM setiap tahun meningkat sangat signifikan, sehingga perk] dilakukan penguatan program-program MBKM tersebut agar iebih berkualitas lagi dan terus disosialisasikan kebermanfaatannya termasuk kepada Mahasiswa baru.

Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan (agent of change), agen penggerak (agent of driven) dan agen pelopor (agent of creator) untuk menghasiikan berbagai solusi atas krisis pembelajaran dan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa. Kunci solusi atas segala permasalahan tersebut adalah pendidikan yang berdampak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Bila SDM kita memiliki daya swing yang tinggi dan mampu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) sendiri maka Indonesia akan menjadi negara yang sangat maju dan disegani. Kegiatan PKKMB dapat menjadi wahana yang penting, untuk mengubah paradigma mahasiswa baru dari "belajar di perguruan tinggi" menjadi "kuliah untuk belajar". Belajar bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bermanfaat dan berkontribusi bagi masyarakat, bukan hanya sekadar kuliah untuk bekerja.

Secara umum materi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024 meliputi kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara; pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia; perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0; pengembangan karakter mahasiswa; dan materi lain yang bermanfaat dan dipandang perlu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan perguruan tinggi.

Pedoman Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024 ini merupakan Panduan Umum yang disusun dengan maksud agar pelaksanaan kegiatan PKKMB di perguruan tinggi memiliki acuan baku tentang bagaimana merencanakan, mengorganisasikan, menyelenggarakan serta mengevaluasi kegiatan. Panduan ini mencakup landasan hukum, asas pelaksanaan, tujuan dan hasil yang diharapkan, materi wajib PKKMB, metode pelaksanaan, pengawasan, evaivasi, dan sanksi. Dengan adanya panduan ini, dalam kegiatan PKKMB diharapkan tidak terjadi penyimpangan seperti aktivitas perundungan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis yang dapat berakhir dengan adanya korban jiwa yang tentu raja dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat pada umumnya. Semoga panduan ini bermanfaat bagi perguruan tinggi dan semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan PKKMB yang lebih menarik dan mendidik.

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Pedoman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024. LINKDOWNLOAD DISINI

Demikian informasi tentang Buku Pedoman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Bagi Mahasiswa Tahun 2023-2024 Implementasi Sekolah Sehat Melalui Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Dan Sehat Imunisasi. Semoga ada manfaatnya


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter