Latest:

Buku Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024

Buku Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024


Buku Juknis dan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024. Pemerintah Indonesia menempatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai Prioritas Nasional dengan kesadaran bahwa SDM berkualitas merupakan prasyarat untuk kemajuan dan keunggulan di berbagai bidang. Selaras dengan semangat tersebut, pemerintah berkomitmen meningkatkan akses pendidikan dasar, menengah, dan tinggi untuk mempercepat pembangunan SDM unggul guna meningkatkan produktivitas, memajukan kebudayaan, dan mencapai kesejahteraan.

 

Pada tahun 2023, Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi baru mencapai 31,45%. Rendahnya APK tersebut disinyalir akibat biaya untuk menempuh pendidikan tinggi, baik biaya pendidikan maupun biaya hidup. Meski aksesnya kini sudah lebih merata, pendidikan tinggi masih didominasi masyarakat berpendapatan tinggi. Padahal, pendidikan tinggi adalah salah satu jalan untuk membentuk kelas menengah dan meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin melalui pekerjaan dengan pendapatan yang lebih tinggi.

 

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus menyediakan Program Indonesia Pintar (PIP) Pendidikan Tinggi bagi anak-anak dari keluarga miskin dan rentan. PIP Pendidikan Tinggi tersebut saat ini diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah Merdeka (KIP Kuliah Merdeka). KIP Kuliah Merdeka diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan kesempatan pendidikan yang lebih besar bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang berprestasi di seluruh Indonesia.

 

Pemerintah melihat bahwa kesempatan untuk melanjutkan kuliah pada program studi unggulan di kampus-kampus terbaik di seluruh Indonesia harus diberikan kepada seluruh anak Indonesia. Kami berharap, tunas bangsa yang menyelesaikan studinya tersebut nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan berkontribusi dalam membangun negeri.

 

Kemendikbudristek, melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP/Puslapdik), kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa baru di seluruh Indonesia untuk menjadi penerima KIP Kuliah Merdeka 2024 sampai lulus sesuai jenjang studinya.

 

Semoga Buku Juknis dan Pedoman Pendaftaran KIP – PIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 ini dapat membantu calon penerima dalam proses pendaftaran KPI Kuliah Merdeka 2024 ini. Mari kita wujudkan SDM Indonesia yang unggul, kompetitif, dan berkarakter melalui KIP Kuliah Merdeka 2024.

 

Manfaat KIP Kuliah Merdeka 2024 yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi). Seluruh Perguruan Tinggi penerima mahasiswa KIP Kuliah Merdeka juga harus terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

 

Selain itu, bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka juga diberikan bantuan biaya hidup. Bantuan biaya hidup per bulan diberikan pada mahasiswa berdasarkan 5 klaster wilayah, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 yang mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik.

 

Bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima. Mahasiswa dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun. Perguruan Tinggi, LLDIKTI, atau pihak lain tidak boleh memanfaatkan, menggunakan, atau mengambil biaya hidup seluruh penerima KIP Kuliah baik melalui buku rekening tabungan dan/atau ATM, termasuk juga tidak boleh menyimpan buku rekening tabungan dan ATM biaya hidup penerima KIP Kuliah.

 

Selengkapnya bagi yang ingin mendaftar KIP Kuliah silahkan baca Buku Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024, karena di dalamnya berisi persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024, Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024, Tatat Cara Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024.  Link download Buku Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Buku Juknis dan Pedoman Pendaftaran KIP – PIP Kuliah Merdeka Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter