Latest:

Download Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK

Link downlad Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK (Buku Panduan Tefa SMK)


Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK (Buku Panduan Tefa SMK). Teaching Factory Sekolah Menengah Kejuruan (Tefa SMK) dikembangkan guna mendukung kebijakan Kemdikbudristek tentang Merdeka Belajar. Pengembangannya dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan seluruh komponen sekolah, terutama penataan kondisi sekolah menjadi ekosistem yang memenuhi standar dunia kerja, khususnya budaya kerja, tempat praktik (misalnya bengkel, studio, atau Lahan). Tefa SMK merupakan realisasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya tujuan Pendidikan kejuruan, yaitu mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

 

Model Pembelajaran Teaching Factory (Tefa) SMK merupakan model pembelajaran berbasis produksi yang mencakup kompetensi-kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan standar kompetensi lainnya melalui pembuatan sebuah produk (barang dan/atau Layanan jasa) seperti membuat busana, menanam, servis sepeda motor, menari, serta melakukan kegiatan pembuatan/pengerjaan barang dan/atau jasa lainnya. Barang dan/atau layanan jasa dalam Tefa merupakan produk yang telah dianalisis kecukupan kompetensinya, dikerjakan/ diselesaikan sesuai standard operational procedure (SOP) pada lingkungan yang telah dikondisikan sesuai standar dunia kerja, sehingga terbangun kompetensi, karakter, dan kesiapan kerja peserta didik.

 

Produk atau hasil Tefa yang berupa barang dan/atau jasa dapat dimanfaatkan oleh sekolah, masyarakat , dan dunia kerja. Tingginya pemanfaatan produk Tefa merupakan ukuran kepercayaan masyarakat/ dunia kerja terhadap kualitas produk dan kompetensi peserta didik. Upaya mengantisipasi peningkatan permintaan masyarakat dan dunia kerja terhadap produk Tefa, SMK harus terus meningkatkan kapasitas melalui pengembangan sumber daya manusia, penambahan fasilitas, penerapan sistem kerja serta tata kelola sesuai ketentuan yang berlaku. Transformasi fungsi sekolah sebagai pelayanan masyarakat akan terjadi dan harus dicermati, agar sekolah selalu mengutamakan tugas dan fungsi pokoknya sebagai institusi pendidikan.

 

Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK (Buku Panduan Tefa SMK) ini menjelaskan tentang konsep, perencanaan, pelaksanaan , pengembangan, dan evaluasi Tefa di SMK. Panduan ini merupakan acuan bagi setiap SMK serta bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing . Panduan ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat SMK dalam mengimplementasikan Tefa.

 

Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK ini dapat menjadi acuan bagi: 1) Pemangku kepentingan (Pemerintah, Pemerintah Daerah, Pengawas Sekolah , BPPMPV, BBPPMPV) dalam melakukan pembinaan, pendampingan, supervisi, evaluasi dan dukungan yang sesuai terhadap SMK dalam melaksanakan dan mengembangkan Tefa; 2) Satuan pendidikan SMK dalam merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan Tefa; 3) Dunia kerja untuk berperan dalam perencanaan , pelaksanaan dan pengembangan Tefa di SMK; 4) Perguruan Tinggi, berperan dalam riset dan pengembangan untuk perencanaan dan pelaksanaan Tefa di SMK.

 

Sasaran pengguna Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK (Buku Panduan Tefa SMK) ini adalah SMK dan semua pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan, pendampingan, pengembangan, supervisi, dan evaluasipelaksanaan Tefa di SMK.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK. Link downlad Buku Panduan Teaching Factory (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link downlad Buku Panduan Teaching Factory untuk SMK (Buku Panduan Tefa SMK). Semoga ada manfaatnya


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter