Latest:

Modul Ajar SMP untuk Persiapan Observasi Kelas

Kumpulan Modul Ajar Kelas 7, 8 dan 9 SMP untuk Persiapan Observasi Kelas PMM


Kumpulan Modul Ajar Kelas 7, 8 dan 9 SMP untuk Persiapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru. Pelaksanaan Kinerja merupakan tahap kedua setelah Perencanaan Kinerja yang sudah disetujui. Pada tahap ini, Kepala Sekolah akan melakukan pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja melalui observasi. Pelaksanaan Kinerja memiliki empat proses tahapan dalam melakukan observasi yang dilakukan oleh Guru dan/atau Kepala Sekolah mulai dari Bulan Februari sampai dengan Mei.

 

Ada empat tahapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru, yakni Diskusi Persiapan, Observasi Kelas, Diskusi Tindak Lanjut, Refleksi Tindak Lanjut. Pada Praktik Kinerja terdapat dua bagian yang harus Guru lakukan, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Tindak Lanjut Observasi.

 

Berikut ini tahap pelaksanaan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru

1. Kumpulkan Dokumen Persiapan

Dokumen Persiapan memiliki tujuan memberikan panduan kepada Guru dalam menentukan upaya yang diperlukan untuk memahami Target Perilaku yang telah dipilih sesuai dengan Indikator yang akan diobservasi oleh Kepala Sekolah. Pada kegiatan ini, Guru diminta untuk memilih setidaknya satu perilaku yang akan dipelajari, mencatat upaya yang akan dilakukan untuk mencapai target perilaku tersebut.

 

Untuk bahan persiapan Bapak/Ibu guru dapat mendownload Kumpulan Modul Ajar Kelas 7, 8 dan 9 SMP untuk Persiapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru. Setelah dimodifikasi sesuai dengan sesuai dengan Indikator yang akan diobservasi oleh Kepala Sekolah, Guru dapat berdiskusi dengan Kepala Sekolah untuk menyepakati perilaku yang ingin dipelajari. Selain itu, Guru diharapkan mengunggah bukti RPP/Bahan Ajar sesuai dengan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja.

 

2. Menunggu Atasan melakukan Observasi

Observasi oleh Kepala Sekolah akan dimulai setelah dokumen persiapan yang diajukan oleh Guru telah dikumpulkan. Pada tahap ini, Kepala Sekolah memberikan penilaian berdasarkan hasil Observasi yang telah dilakukan. Penilaian tersebut menjadi dasar bagi Guru untuk mempersiapkan upaya tindak lanjut yang dibutuhkan dalam pengembangan diri.

 

3. Kumpulkan Dokumen Tindak Lanjut.

Dokumen Tindak Lanjut bertujuan memberikan panduan kepada Guru dalam menentukan upaya perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pilihan Belajar untuk tindak lanjut dapat dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar atau media lainnya, seperti Pelatihan. Pada tahap ini, Guru dapat berdiskusi dengan Kepala Sekolah untuk menentukan dukungan atau upaya yang perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

4. Lakukan Tindak lanjut

Guru dapat memulai dengan mempelajari upaya atau tindakan yang ingin dilakukan, sejalan dengan pilihan tindak lanjut yang telah dipilih. Proses ini melibatkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru diharapkan menyusun strategi dan rencana yang terperinci, serta dapat mengidentifikasi dukungan yang mungkin diperlukan. Selama proses ini, Guru juga dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah guna memperoleh masukan dan mendapatkan dukungan dalam rangka meningkatkan efektivitas tindakan yang diambil.

 

5. Dokumen Refleksi Tindak lanjut

Guru diminta untuk menjelaskan inspirasi yang diperoleh melalui upaya tindak lanjut. Dalam tahap ini, Guru dapat membahas perubahan dan tantangan yang dihadapi sebagai hasil dari tindak lanjut tersebut. Selain itu, Guru juga dapat berdiskusi dengan Kepala Sekolah untuk mengetahui rencana selanjutnya yang ingin dilakukan dalam mengembangkan praktik pembelajaran.

 

Setidaknya ada 8 indikator yang akan diobservasi oleh Kepala Sekolah yakni Keteraturan Suasana Kelas, Ekspektasi pada Peserta Didik, Penerapan Disiplin Positif, Aktivitas Interaktif, Umpan Balik Konstruktif, Instruksi yang Adaptif, Perhatian dan Kepedulian, Instruksi Pembelajaran. Namun pada tiap tahap guru hanya memilih satu indicator yang esensial sesuai dengan hasil rapor pendidikan. Kedelapan indicator tersebut adalah

 

1. Keteraturan Suasana Kelas

Modul Ajar RPP Fokus pada Keteraturan Suasana Kelas adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi langkah kegiatanya telah disesuai dengan fokus membanguan suasana kelas yang kondusif agar siswa atau peserta didik dapat belajar dengan gangguan seminimal mungkin. Dengan demikian, perhatian siswa sepenuhnya terarah pada aktivitas belajar.

 

2. Ekspektasi pada Peserta Didik

Modul Ajar RPP Fokus pada Ekspektasi pada Peserta Didik adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi terdapat langkah pembelajaran yang focus pada kemampuan guru menyampaikan ekspektasi yang tinggi terhadap siswa. Tujuan dari dikomunikasikannya ekspektasi tersebut adalah agar peserta didik memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri untuk belajar.

 

3. Penerapan Disiplin Positif

Modul Ajar RPP Fokus pada Penerapan Disiplin Positif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran diselipkan upaya penerapan disiplin positif. Hal ini bertujuan agar murid mampu menunjukkan perilaku dan kebiasaan sesuai dengan kesepakatan bersama. Kedisiplinan bersikap dan berperilaku ini tumbuh dari dalam diri siswa sendiri tanpa kita harus memberikan hukuman ataupun hadiah.

 

4. Aktivitas Interaktif

Modul Ajar RPP Fokus pada Aktivitas Interaktif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran banyak fasilitasi terlaksanakan kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik. Oleh sebab itu, indikator efektivitas pembelajaran ini berupa kolaborasi dan komunikasi yang baik selama pembelajaran berlangsung.

 

5. Umpan Balik Konstruktif

Modul Ajar RPP Fokus pada Umpan Balik Konstruktif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran terdapat upaya penerapan umpan balik atau feedback yang disampaikan kepada murid bisa berupa kemajuan proses belajar atau capaian pembelajaran yang telah diraih. Indikator kinerja guru dalam hal ini tampak pada tumbuhnya motivasi peserta didik untuk belajar.


6. Instruksi yang Adaptif

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran yang mencerminkan bahwa guru telag memberikan pelayanan sesuai kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Fokusny adalah bagaimana guru mampu memahaminya dan menyesuaikan praktik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan tersebut merupakan indikator metode pembelajaran yang efektif.

 

7. Perhatian dan Kepedulian

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah terdapat upaya guru untuk memberikan perhatian dan dukungan sesuai dengan kebutuhan belajar setiap murid. Pada gilirannya, murid memiliki motivasi intrinsik untuk belajar.

 

8. Instruksi Pembelajaran

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah telah tergambarkan tentang konsep dan aktivitas pembelajaran kepada peserta didik. Guru dapat menggunakan demonstrasi, ilustrasi, atau contoh yang relevan dan kontekstual agar pembelajaran berlangsung dengan efektif.


Modul ajar merupakan salah satu bentuk dari perangkat ajar yang digunakan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran. Modul ajar merupakan dokumen yang minimal berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Idealnya modul ajar dibuat atau diadaptasi oleh guru yang bersangkutan sesuai mata pelajaran dan kondisi sekolah masing-masing.

 

Namun bagi masih mencari modul ajar dan membutuhkan contoh modul ajar RPP untuk persiapan observasi kelas silahkan diwonload melalui link yang tersedia

 

Link download Modul Ajaruntuk SMP Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (disini)

 

Link download Modul Ajaruntuk SMP Kelas 8 Semua Mata Pelajaran (disini)

 

Link download Modul Ajaruntuk SMP Kelas 9 Semua Mata Pelajaran (disini)

 

Demikian info tentang Kumpulan Modul Ajar Kelas 7, 8 dan 9 SMP untuk Persiapan Observasi Kelas dalam Rangka Pelaksanaan Kinerja Guru mata pelajaran PAI BP, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PJOK, Informatika dan Seni dan Prakarya. Apabila ada langkah-langkah pembelajaran yang belum sesuai silahkan Anda sesuai dengan fokus observasi yang Anda pilih. Terima kasih atas kunjungan Anda.



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter