Latest:

Juknis Pedoman FIKSI SMA MA SMK Tahun 2024

Juknis Pedoman FIKSI Jenjang SMA MA SMK Tahun 2024


Juknis Pedoman FIKSI Jenjang SMA MA SMK Tahun 2024. Disrupsi global yang terjadi belakangan ini telah berpengaruh secara signifikan pada cara manusia menjalankan kesehariannya. Pengalaman menghadapi pandemi telah mengubah perilaku manusia dalam kesehariannya, terutama dalam bersosialisasi dan berinteraksi; dalam menentukan prioritas dan pilihan -pilihannya; juga dalam aktivitas produksi dan konsumsi kebutuhan sehari -hari, yang lekat dengan m ata pencaharian di berbagai bidang. Bersamaan dengan itu, disrupsi digital pun semakin nyata dirasakan dan dipraktikkan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan dan pendidikan, hingga komunikasi dan transportasi. Kondisi pasca pandemi menjadi s ebuah “kenormalan baru”, sehingga dalam upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pun diperlukan transformasi cara berpikir, serta sikap solutif dan inovatif yang sesuai dengan konteks perikehidupan masa kini dan masa mendatang. Dalam momentum inilah Program FIKSI menjadi relevan, sebagai salah satu praktik terbaik persiapan generasi muda menuju masa depan yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

 

Program FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) jenjang SMA/MA dan SMK tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, berupaya mengembangkan dan meningkatkan minat wirausaha sejak dini. Tujuan Program FIKSI adalah untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik menengah, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional.

 

Melalui FIKSI sebagai wadah kreativitas dan inovasi, peserta akan lebih memiliki kesempatan untuk mengembangkan gagasan secara jitu dan berdampak nyata. Selama berproses dalam rangkaian program FIKSI, peserta mengasah kemampuan soft skill dasar yang harus dikuasai oleh lulusan SMA/MA dan SMK, yaitu: kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi; memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, serta kemampuan bekerja sama secara efektif dengan pihak lain, dan berjiwa wirausaha.


Selain itu, melalui FIKSI para peserta pun diarahkan pada pemahaman terhadap pilar -pilar Keberlanjutan (Sustainability), yaitu People, Planet, Prosperity, Peace & Partnership, yang juga diturunkan ke dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) 2030. Dengan demikian, generasi yang sedang mendominasi demografi Indonesia ini pun diharapkan memiliki kesadaran dalam mengangkat potensi sumber daya lokal dalam menciptakan aktivitas dan inovasi wirausaha, yang mencakup pertimbangan terhadap aspek-aspek sosial, budaya, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan lainnya.

 

Merujuk pada rekomendasi kebijakan, peta jalan dan berbagai dokumen yang dihasilkan oleh forum -forum global belakangan ini, seperti KTT G20 2022, World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022, dan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2022, terdapat arahan yang sejalan dengan misi Program FIKSI. Butir ke -47 dari Deklarasi Pemimpin G20 2022 menyebutkan pentingnya peran ekonomi kreatif yang melibatkan ekonomi berbasis pengetahuan, kreativitas, dan hak kekayaan intelektual, yang berkontribusi pa da peningkatan ketangguhan komunitas (pariwisata) dan UMKM melalui pembangunan SDM, transformasi digital, inovasi, serta preservasi berkelanjutan terhadap pusaka alam dan budaya. Pernyataan Presiden Indonesia Widodo dalam pertemuan APEC 2022 memperkuat peran krusial “industri kreatif” sebagai salah satu kekuatan yang harus terus ditingkatkan untuk dapat menjadi pemenang di masa depan. Hasil WCCE 2022, Bali Creative Economy Roadmap, juga membuka peluang besar b agi generasi muda untuk berperan dalam berwirausaha dan menciptakan pekerjaan masa depan ( the future of work ), terutama yang dilandasi kreativitas, kekayaan intelektual, dan teknologi.

 

Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/ MA/ SMK/ Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FIKSI kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, dan berlatih hingga mencapai prestasi yang membangga kan

 

Tema Umum Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA/SMK/Sederajat Tahun 2024 adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Wirausaha Menginspirasi” Sedangkan Tema Khusus: Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA/SMK/Sederajat Tahun 2024“Eksplorasi Peluang Penerapan Ekonomi Sirkular dengan Semangat Inovasi dan Kreativitas Wirausaha Siswa Indonesia” Arti dari tema ini adalah mengajak generasi muda untuk berani mengambil sikap pemimpin dalam gelombang inovasi dan kreativitas kewirausahaan dan memicu semangat untuk melakukan perubahan berkelanjutan. WIrausaha siswa Indonesia berbekal semangat eksplorasi untuk menggali peluang untuk menerapkan ekonomi sirkular. Dengan pemiikiran inventif untuk meramu solusi yang menjembatani kesadaran lingkungan dengan kelayakan ekonomi. Para visioner muda menjelajahi inovasi terbaik dalam menggali peluang untuk mendorong pertumbuhan lanskap perekonomian negara. Dengan berkolaborasi lintas disiplin ilmu, ekonomi sirkular tidak hanya menjadi sebuah konsep namun menjadi sebuah kekuatan nyata yang didorong oleh antusiasme yang tiada henti dari siswa Indonesia yang bertekad untuk membentuk masa depan di mana keberlanjutan dan kewirausahaan berdampak secara harmonis.

 

Sasaran kegiatan FIKSI adalah peserta didik SMA/MA dan SMK aktif pada saat pelaksanaan final yang berasal dari 38 Provinsi seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Bidang yang dilombakan dan target peserta dalam FIKSI SMA/MA dan SMK tahun 2024 sebagai berikut:

1. Bidang Lomba dan Target Peserta SMA/MA

1 Kriya

2 Desain Grafis

3 Fashion

4. Game, Aplikasi, Video, dan Animasi

5 Boga

6. Budi Daya dan Lintas Usaha

 

2. Bidang Lomba dan Target Peserta SMK

Bidang lomba berdasarkan acuan dari program kegiatan keahlian terhadap siswa yang telah SMK lakukan dengan kategori perencanaan dan pengembangan bisnis. Target peserta FIKSI jenjang SMK tahun 2024, target peserta tersebut ditetapkan dengan merujuk pada total jumlah pro gram keahlian yang tersebar seluruh SMK di Indonesia, seba gai berikut:

1. Agribisnis, Agroteknologi dan Kemaritiman

2. Kesehatan dan Wirausaha Sosial

3. Pariwisata dan Kuliner

4. Industri Kreatif

5. Teknologi Digital

 

Peserta Persyaratan administrasi peserta FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2024 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Berstatus peserta didik aktif maksimal kelas 11 pada saat mendaftar sebagai peserta FIKSI 2024;

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);

3. Jumlah Peserta lomba dengan kategori:

● Rencana Usaha: Perorangan atau Kelompok (maksimal 2 Orang);

● Pengembangan Usaha: Perorangan atau Kelompok (maksimal 2 Orang);

4. Setiap siswa hanya boleh ada dalam 1 kelompok, baik sebagai ketua tim atau anggota tim pada sekolah yang sama;

5. Bidang lomba yang diikuti tidak harus sesuai dengan program keahlian yang diselenggarakan sekolah masing -masing;

6. Mengunggah Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah ke laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/;

7. Mengunggah Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Orang Tua/Wali tentang persetujuan mengikuti lomba ke laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/

8. Peserta tidak diperbolehkan mengajukan produk sekolah/teaching factory (TEFA), usaha keluarga/orang lain

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/ MA/ SMK/ Sederajat Tahun 2024. LINK DOWNLOAD JUKNIS PEDOMAN FIKSI JENJANG SMA MA SMK TAHUN 2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Juknis Pedoman FIKSI Jenjang SMA MA SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya




= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter