Latest:

Juknis - Pedoman LDBI dan NSDC SMA Tahun 2024

Juknis atau Pedoman LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024


Juknis atau Pedoman LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024. Salah satu kompetensi yang berkembang saat ini di kalangan generasi muda adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, yang didukung dengan kemampuan analitis dan berfikir kritis atau yang biasa kita sebut critical thinking.

 

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan program kompetisi debat yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Dan National Schools Debating Championship (NSDC) SMA.

 

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Dan National Schools Debating Championship (NSDC) SMA/Sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Seni dan Budaya yang diselenggarakan untuk peserta didik SMA/sederajat. Ajang LDBI dan NSDC SMA/Sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

 

Juknis atau Pedoman LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang SMA/Sederajat kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

 

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMA/sederajat di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki bakat dan minat di bidang debat. Adapun jenis lomba adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Dan National Schools Debating Championship (NSDC) SMA/sederajat.

 

Persyaratan Peserta LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

a. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia atau sedang menempuh pendidikan pada Satuan Pendidikan Indonesia di Luar Negeri dan terdaftar pada Data Pokok Pendidikan.

b. Peserta pada saat mendaftar merupakan peserta didik aktif kelas X dan XI di SMA/MA/sederajat negeri, swasta, dan SILN yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah yang bersangkutan.

c. Peserta belum pernah menjadi delegasi Tim Indonesia untuk World Schools Debating Championship (WSDC).


Penyelenggaraan LDBI dan NSDC SMA/sederajat dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat sekolah, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tingkatan ini merupakan tahapan proses seleksi dimana setiap tahapan mempunyai ketentuannya tersendiri. Adapun penyelenggaraan pada setiap tingkatan masing-masing tingkatan adalah sebagai berikut:

1. LDBI dan NSDC SMA/sederajat tingkat Sekolah

Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai LDBI dan NSDC SMA-S diselenggarakan oleh masing-masing sekolah, dengan ketentuan seleksi yang dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah. 3 orang peserta terbaik hasil seleksi sekolah akan menjadi wakil sekolah ke tingkatan berikutnya, yaitu LDBI dan NSDC SMA-P.

 

2. LDBI dan NSDC SMA/sederajat tingkat Provinsi (LDBI dan NSDC SMA-P)

LDBI dan NSDC SMA-P peserta didik pendidikan menengah diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan provinsi dan dapat bekerjasama dengan sekolah setempat (MKKS/MGMP) dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan LDBI dan NSDC SMA-P mengacu kepada pedoman pelaksanaan LDBI dan NSDC SMA/sederajat  yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikburistek. Peserta terbaik hasil seleksi LDBI dan NSDC SMA-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta LDBI dan NSDC SMA tingkat nasional.

 

3. LDBI dan NSDC SMA/sederajat tingkat nasional

LDBI dan NSDC SMA/sederajat  Tingkat Nasional atau disebut LDBI dan NSDC SMA-N  diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan dapat bekerjasama dengan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan LDBI dan NSDC SMA/sederajat mengacu kepada pedoman pelaksanaan LDBI dan NSDC SMA/sederajat   yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikburistek

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis atau Juknis atau Pedoman LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024. LINK DOWNLOAD PEDOMAN LDBI DAN NSDC SMA TAHUN 2024 DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis atau Pedoman LDBI dan NSDC Jenjang SMA Sederajat Tahun 2024-2025. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter