Latest:

Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025

Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025


Link download Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah di Indonesia untuk menyambut siswa baru.

 

Untuk kegiatan MPLS tahun 2024/2025 kemendikbud telah menerbitkan Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025 melalui Surat Edaran Sesjen Kemendikbud. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi nomor 19012/A.J4/PK.01.01/2024 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Ajaran 2024/2025.

 

MPLS biasanya dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dan berlangsung selama beberapa hari, tergantung kebijakan masing-masing sekolah.

 

Tujuan utama dari MPLS adalah untuk mengenalkan lingkungan sekolah, budaya sekolah, serta berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut kepada siswa baru. MPLS juga bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan suasana belajar yang baru dan membangun semangat kebersamaan di antara siswa.

 

Sebagaimana diketahui beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan selama MPLS:

·          Pengenalan lingkungan sekolah: Siswa baru diajak berkeliling sekolah untuk mengenal fasilitas-fasilitas yang ada, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, kantin, dan lapangan olahraga.

·          Pengenalan guru dan staf: Siswa baru diperkenalkan kepada para guru, staf administrasi, dan karyawan lainnya yang bekerja di sekolah.

·          Penjelasan tata tertib sekolah: Siswa baru diberikan penjelasan mengenai aturan-aturan dan tata tertib yang harus diikuti selama mereka berada di sekolah.

·          Kegiatan permainan dan ice breaking: Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar siswa baru serta mengurangi rasa canggung dan gugup.

·          Pengenalan ekstrakurikuler: Siswa baru diperkenalkan kepada berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, sehingga mereka dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

 

Lalu apa isi Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025 ? Dalam Pedoman atau Juknis ini terdapat integrasi kegiatan MPLS dengan Kegiatan Sosialisasi PPKSP atau Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan

 

Dinyatakan dalam SE tersebut bahwa satuan  pendidikan  akan  melaksanakan  kegiatan  Masa  Pengenalan  Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 yang merupakan kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep  pengenalan  diri,  dan  pembinaan  awal  kultur  Sekolah. 

 

Sesuai  dengan  Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru bahwa dalam MPLS perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.

 

Sejalan  dengan  hal  tersebut  dan  dalam  rangka  pengimplementasian  pencegahan  kekerasan  yang diamanatkan dalam Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP) dan salah satu fokus dalam Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yaitu Sehat Jiwa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menyediakan Pedoman atau Juknis sosialisasi PPKSP pada saat pelaksanaan MPLS, untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman  bagi semua, melalui materi yang sederhana dan efektif sehingga dapat digunakan di setiap jenjang.

 

Pedoman atau Juknis Sosialisasi PPKSP dalam MPLS PAUD SD SMP SMA SMK Tahun 2024 diterbitkan untuk mewujudkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan Melalui Aktivitas Kreatif  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Pedoman atau Juknis ini digunakan sebagai Pedoman atau Juknis bagi satuan pendidikan untuk menyusun aktivitas kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang edukatif, kreatif, dan menyenangkan, serta bebas dari kekerasan.

 

Adapaun Link download Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025

 

Demikian informasi tentang Link download Pedoman atau Juknis MPLS SD SMP SMA SMK 2024/2025. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment



































Free site counter